Nouri Alfin Nabilah, - (2021) Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis dan Disposisi Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di MTs Unggulan Ma’arif NU Nurul Islam Bades Pasirian Lumajang Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika.
Text
Nouri Alfin Nabilah_T20177080.pdf Download (54MB) |
Abstract
Nouri Alfin Nabilah, 2021: Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis dan Disposisi Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di MTs Unggulan Ma’arif NU Nurul Islam Bades Pasirian Lumajang Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci: Kecerdasan Matematis-Logis, Disposisi Matematis, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kecerdasan matematis-logis yang sangat berkaitan erat dengan kemampuan kognitif dalam pembelajaran matematika. Untuk lebih mendukung dan memaksimalkan kecerdasan matematis-logis juga diperlukan aspek afektif. Salah satu aspek afektif yang dapat menguatkan kecerdasan matematis-logis siswa adalah disposisi matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecerdasan matematis-logis, disposisi matematis, dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Unggulan Ma'arif NU Nurul Islam Bades Pasirian Lumajang Tahun Pelajaran 2020/2021. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan matematis-logis dan disposisi matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Unggulan Ma'arif NU Nurul Islam Bades Pasirian Lumajang Tahun Pelajaran 2020/2021 baik secara simultan maupun individu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan di MTs Unggulan Ma'arif NU Nurul Islam Bades Pasirian Lumajang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik cluster random sampling dan didapatkan 65 sampel siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan dokumen dan angket. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial, pada statistik inferensial menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kecerdasan matematis-logis siswa kelas terdapat 7 siswa dengan kategori sangat tinggi (11%), 23 siswa dengan kategori tinggi (35%), 34 siswa dengan kategori sedang (52%), dan 1 siswa gengan kategori rendah (2%). 2) Disposisi matematis siswa terdapat 9 siswa dengan kategori sangat tinggi (14%), 27 siswa dengan kategori tinggi (41%), dan 29 siswa dengan kategori sedang (45%). 3) Hasil belajar matematika siswa terdapat 41 siswa dengan nilai pada kategori sangat tinggi (63%) dan 24 siswa dengan kategori tinggi (37%). 4) Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan matematis-logis dan disposisi matematis secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Unggulan Ma'arif NU Nurul Islam Bades Pasirian Lumajang Tahun Pelajaran 2020/2021. 5) Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan matematis-logis dan disposisi matematis secara individu terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Unggulan Ma'arif NU Nurul Islam Bades Pasirian Lumajang Tahun Pelajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Ifan Ali Mufti |
Date Deposited: | 25 Mar 2022 02:55 |
Last Modified: | 25 Mar 2022 02:55 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5059 |
Actions (login required)
View Item |