Susanto, Alifia (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Metamorfosis Box Pada Pelajaran IPAS Materi Metamorfosis Kelas III di Sekolah DasarAl-Ikhlas Lumajang. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
|
Text
Alifia Maghfiroh Putri Susanto_211101040052.pdf Download (9MB) |
Abstract
Media pembelajaran memiliki peran penting dalam meningkatkan efektivitas serta motivasi belajar peserta didik. Di Sekolah DasarAl-Ikhlas Lumajang, khususnya pada pembelajaran IPAS materi metamorfosis kelas III, keterbatasan media pembelajaran berdampak pada rendahnya minat dan pemahaman. Oleh karena itu, diperlukan inovasi berupa pengembangan media pembelajaran metamorfosis box sebagai media interaktif yang dirancang untuk memudahkan penyampaian materi sekaligus meningkatkan partisipasi aktif peserta didik.
Rumusan masalah: 1) Bagaimana kelayakan media pembelajaran metamorfosis box pada pelajaran IPAS materi metamorfosis kelas III di Sekolah DasarAl-Ikhlas Lumajang? 2) Bagaimana efektivitas media pembelajaran metamorfosis box pada pelajaran IPAS materi metamorfosis kelas III di Sekolah DasarAl-Ikhlas Lumajang? 3) Bagaimana respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran metamorfosis box pada pelajaran IPAS materi metamorfosis kelas III di Sekolah DasarAl-Ikhlas Lumajang?.
Tujuan penelitian: 1) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran metamorfosis box pada pelajaran IPAS materi metamorfosis kelas III di Sekolah DasarAl-Ikhlas Lumajang. 2) Untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran metamorfosis box pada pelajaran IPAS materi metamorfosis kelas III di Sekolah DasarAl-Ikhlas Lumajang. 3) Untuk mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran metamorfosis box pada pelajaran IPAS materi metamorfosis kelas III di Sekolah DasarAl-Ikhlas Lumajang.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah hasil kelayakan media pembelajaran metamorfosis box pada pelajaran IPAS materi metamorfosis kelas III di Sekolah DasarAl-Ikhlas Lumajang menunjukkan bahwa media tersebut sangat layak untuk diuji cobakan berdasarkan hasil uji validasi ahli (media 86%, materi 84%, bahasa 80%, pembelajaran 92%). Hasil dari analisis keefektifan peserta didik melalui pre-test dan post-test sebesar 64% dengan menggunakan analisis N-Gain Score yang tergolong dalam kategori cukup efektif. Hasil analisis respon peserta didik juga sangat baik yaitu sebesar 95,16%.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Metamorfosis Box
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Ms alifia susanto |
| Date Deposited: | 23 Dec 2025 04:21 |
| Last Modified: | 23 Dec 2025 04:21 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/50626 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
