Nabil, Rafi Ipnu (2025) Persepsi Khalayak Terhadap Konten Animasi Dakwah Islam Pada Video Dosa Dan Azab Zina Dalam Tungku Api Neraka Di Platform Youtube Akun Culap Culip. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
|
Text
RAFI IPNU NABIL_214103010010.pdf Download (2MB) |
Abstract
Rafi Ipnu Nabil, 2025: Persepsi Khalayak Terhadap Konten Animasi Dakwah Islam Pada Video Dosa Dan Azab Zina Dalam Tungku Api Neraka Di Platform Youtube Akun Culap Culip
Kata kunci: Persepsi, Khalayak, Animasi Dakwah, Culap Culip, Youtube
Perkembangan teknologi digital yang semakin pesat membawa perubahan besar dalam cara manusia berkomunikasi dan memperoleh informasi. Salah satu dampak positif dari kemajuan ini adalah munculnya berbagai media sosial yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana penyebaran dakwah Islam. Salah satu bentuk inovasi dalam dakwah digital adalah penggunaan animasi sebagai media penyampaian pesan keagamaan. Akun YouTube Culap Culip merupakan contoh menarik dari animasi dakwah yang menyampaikan nilai-nilai Islam melalui konten visual yang ringan, edukatif, dan menghibur.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Persepsi Khalayak Terhadap Animasi Dakwah Culap Culip? 2) Bagaimana Peran Khalayak Terrhadap Konten Animasi Dakwah Culap Culip?
Tujuan dari penelitian yang peneliti lakukan ini adalah untuk: 1) Mengidentifikasi Persepsi Khalayak Terhadap Animasi Dakwah Culap Culip di YouTube. 2) Mengehtahui Peran Khalayak Terrhadap Konten Animasi Dakwah Culap Culip.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis Netnografi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data yang berupa hasil observasi serta dokumentasi atau catatan-catatan yang telah dikumpulkan oleh peneliti, pada akun YouTube Culap-Culip yang didukung dengan teori reception theory sehingga akan menghasilkan kesimpulan yang meliputi data reduction (reduksi data), data collection (pengumpulan data), data display (penyajian data), conclusion drawing/ verification (penarikan kesimpulan atau verifikasi). kemudian penelitian menggunakan tahap persiapan, tahap analisis data, tahap penyajian dan pelaporan.
Hasil penelitian ini yaitu 1) Persepsi Khalayak terhadap Animasi Dakwah Culap Culip sangat reflektif terhadap kebutuhan zaman yakni dakwah yang tidak hanya benar secara substansi, tetapi juga cermat, estetis, dan sesuai dengan konteks sosial budaya digital. Keberhasilan dakwah visual ditentukan bukan hanya oleh isi, tetapi oleh bagaimana isi tersebut dikomunikasikan secara kreatif dan etis. 2) Menganalisis Peran Khalayak terhadap Konten Animasi Dakwah Culap Culip sebagai elemen vital dalam ekosistem dakwah digital.Partisipasi mereka berkontribusi langsung terhadap keberlanjutan, relevansi, dan kualitas konten dakwah seperti Culap Culip. Pengelola konten dakwah perlu melihat khalayak bukan sekadar target dakwah, melainkan sebagai mitra strategis yang memiliki peran dalam menumbuhkan, mengoreksi, dan memperkaya praktik dakwah di era digital.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
| Depositing User: | men Rafi Ipnu Nabil |
| Date Deposited: | 23 Dec 2025 06:51 |
| Last Modified: | 23 Dec 2025 06:51 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/50639 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
