Ati, Nuvi (2025) Pengaruh Pemanfaatan Candi Kedaton sebagai Media Pembelajaran IPS terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di MTs Raudlatul Muta’allimin Tiris Probolinggo Tahun Pelajaran 2025/2026. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
|
Text
Nuviati_211101090021.pdf Download (7MB) |
Abstract
Nuviati, 2025. Pengaruh Pemanfaatan Candi Kedaton sebagai Media Pembelajaran IPS terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII MTs Rudlatul Mutaallimin Tiris Probolinggo Tahun Ajaran 2025/2026
Kata Kunci : Candi Kedaton, Media Pembelajaran, Motivasi Belajar
Secara umum, banyak siswa sering menunjukkan perilaku kurang fokus selama proses pembelajaran, seperti melamun, berbicara dengan teman, atau tertidur di kelas. Kondisi ini menggambarkan bahwa perhatian dan keterlibatan siswa dalam belajar masih rendah, sehingga dapat mengurangi efektivitas pembelajaran. Rendahnya fokus dan partisipasi tersebut biasanya berkaitan dengan motivasi belajar yang kurang, baik dari faktor internal maupun eksternal. Selain itu, materi pelajaran terutama materi yang dianggap sulit atau membosankan seperti sejarah sering dipersepsikan penuh hafalan dan kurang menarik. Penggunaan metode serta media pembelajaran yang monoton juga dapat membuat siswa menjadi kurang bersemangat dalam mengikuti kegiatan belajar. Banyak siswa mengalami kesulitan untuk menjaga fokus dan semangat ketika mengikuti pembelajaran, terutama pada materi sejarah yang sering dianggap membosankan dan terlalu teoritis. Dengan memanfaatkan Candi Kedaton sebagai media pembelajaran, penelitian ini berusaha menghadirkan pengalaman belajar yang lebih nyata, sehingga dapat membangkitkan rasa ingin tahu dan motivasi belajar siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah terdapat pengaruh pemanfaatan candi Kedaton sebagai media pembelajaran IPS terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII MTs Rudlatul Mutaallimin Tiris Probolinggo Tahun Ajaran 2025/202.
Metode penelitian dalam penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis pre eksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling Jenuh. Motivasi belajar siswa diukur dengan menyebarkan angket. Uji validitas instrumen menggunakan Product Moment dan uji reabilitas menggunakan Cornbach Alpha.
Uji hipotesis yang dilakukan untuk mengetahui hasil penelitian ini adalah Paired Sample T-test. Hasil analisis data dalam penelitian dengan manggunakan uji Paired Sample T-test yang memiliki nilai signifikansi (sig.) (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05. Dengan demikian , dapat disimpulkan bahwaH_0ditolak dan H_1 diterima. Artinya terdapat pengaruh pemanfaatan candi Kedaton sebagai media pembelajaran IPS terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII MTs Rudlatul Mutaallimin Tiris.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 21 HISTORY AND ARCHAEOLOGY > 2101 Archaeology > 210102 Archaeological Science |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
| Depositing User: | Nuvi Ati |
| Date Deposited: | 23 Dec 2025 07:48 |
| Last Modified: | 23 Dec 2025 07:48 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/50666 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
