Abdun muizur, Rohman (2025) Pengaruh Penerapan Media Card Sort Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Ips Di SMP Negeri 2 Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDIDIQ JEMBER.
|
Text
Abdun_Muizur_Rohman_211101090054 fix.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penggunaan media lebih menekankan pada aktivitas fisik, sehingga membuat pembelajaran menjadi lebih aktif dan menyenangkan.” Secara umum, media bertujuan untuk “memperjelas pesan pembelajaran, dan media Card Sort berfungsi sebagai alat yang membantu menyampaikan pesan tersebut dengan lebih jelas. Namun, dalam peraktiknya, masih banyak guru yang tidak menfaatkan media ini, dan penggunakan metode ceramah yang menonton tetap populer di kalangan guru dalam proses pembelajaran. Card Sort adalah sebuah aktivitas kerja sama yang dapat digunakan untuk mengajarkan konsep, ciri-ciri klasifikasi, informasi mengenai suatu objek, atau untuk menilai sebuah informasi.
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Apakah ada pengaruh penerapan Media Card Sort dalam Pembelajaran IPS terhadap kemampuan Berpikir Kritis siswa di SMP Negeri 2 Jember ?.Tujuan penelitian ini adalah Untuk menguji ada tidaknya pengaruh penerapan Media Card Sord dalam pemelajaran IPS terhadap kemampuan berpiki kritis Siswa di SMP Negeri 2 Jember.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi-eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Postest. Design Dalam desain ini, kelompok eksperimen. dipilih tanpa melalui prosedur penempatan acak. Terdapat kelompok, yaitu kelompok eksperimen, yang mengikuti pretest dan posttest selama proses dan pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, dan dokumentasi. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Setelah itu, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas sebelum di analisis data karena berkaitan dengan teknik yang digunakan yaitu uji hipotesis dengan menggunakan Idependent Sample T-test.
Berdasarkan tabel uji Paired Sample T-test, diketahui nilai signifikansi perbedaan variabel post-test dengan pre-test (2-tailed) yaitu, 0,001, hal ini menunujukan bahwah nilai sig (2-tailed) < 0,005 shingga hipotesis nol (Ho) di tolak dan hipotesis alternative (Ha) di terima. Dapat disimpulkan, bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunakan media Card Sort terhadap kemampuan berpikir kritis. Maka pnelitian ini membuktikan bahwa hipotesis yang diajukan dapat diterima, bahwasannya terdapat pengaruh penerapan media Card Sort terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPS di Smp Negeri 2 Jember.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
| Depositing User: | Abdun Muizur Rohman |
| Date Deposited: | 23 Dec 2025 07:52 |
| Last Modified: | 23 Dec 2025 07:52 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/50671 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
