Strategi Pemasaran Sewa Alat Camping Di Repri Adventure Kecamatan Patrang kabupaten Jember Dalam Perspektif Ekonomi Islam

Rarendra, Davino (2025) Strategi Pemasaran Sewa Alat Camping Di Repri Adventure Kecamatan Patrang kabupaten Jember Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Davino Rarendra_214105020005 (Fiks ACC).pdf

Download (4MB)

Abstract

Davino Rarendra, Mahmudah, 2025: Strategi Pemasaran Sewa Alat Camping Di Repri Adventure Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember Dalam Perspektif Ekonomi Islam.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, 4P, Ekonomi Islam, Repri Adventure.
Fenomena meningkatnya minat masyarakat pada kegiatan wisata alam dan camping membuka peluang bisnis baru dalam bidang penyewaan alat camping. Repri Adventure Jember, merupakan salah satu pelaku usaha yang bergerak di bidang penyewaan perlengkapan camping. Di era digital dan persaingan usaha yang semakin ketat, strategi pemasaran menjadi aspek penting untuk menjaga keberlangsungan dan perkembangan usaha. Namun, strategi pemasaran yang diterapkan tidak hanya harus efektif dari segi bisnis, tetapi juga harus sesuai dengan prinsip-prinsip Ekonomi Islam yang menjunjung tinggi nilai kejujuran, keadilan, dan keberkahan. Permasalahan pemasaran dalam usaha jasa sewa alat camping seringkali terkait dengan promosi, penetapan harga, dan pelayanan yang tepat agar mampu menarik konsumen, namun tetap berada dalam koridor syariah.
Fokus Penelitian ini adalah : 1. Bagaimana penerapan strategi pemasaran 4P (produk, harga, tempat, promosi) berdasarkan prinsip-prinsip Ekonomi Islam pada usaha sewa alat camping Repri Adventure ? 2. Bagaimana penerapan strategi pemasaran 4P yang berlandaskan prinsip Ekonomi Islam memberikan dampak pada pertumbuhan usaha Repri Adventure ?
Tujuan penelitian ini adalah : 1. Untuk mendeskripsikan penerapan strategi pemasaran 4P (produk, harga, tempat, promosi) berdasarkan prinsip-prinsip Ekonomi Islam yang diterapkan oleh Repri Adventure dalam menarik pelanggan. 2. Untuk mendeskripsikan penerapan strategi pemasaran 4P yang berlandaskan prinsip Ekonomi Islam memberikan dampak pada pertumbuhan usaha yang diterapkan oleh Repri Adventure dalam menarik pelanggan.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case study). Data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi pada pemilik, karyawan, serta beberapa konsumen Repri Adventure. Analisis data dalam penelitian ini ditempuh melalui tahapan reduksi data, penyajian data, hingga perumusan kesimpulan, dengan tetap menitikberatkan pada aspek keabsahan data yang diuji menggunakan teknik triangulasi sumber.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah : 1. Strategi 4P pada Product (produk) menyediakan alat camping yang lengkap, layak pakai, dan terawat sesuai prinsip amanah, kemudian Price (harga) menetapkan harga secara adil dan transparan tanpa unsur gharar, Place (lokasi) tempat yang strategis dan banyak petunjuk arah jalan di setiap gang menuju lokasi Repri Adventure, dan Promotion (promosi) aktif di media sosial terutama YouTube, namun perlu optimalisasi platform lain agar lebih efektif. 2. Dari sudut pandang Ekonomi Islam, dampak penerapan strategi pemasaran berbasis prinsip Ekonomi Islam terbukti dengan meningkatkan jumlah pelanggan setiap tahunnya, bertambahnya pendapatan usaha secara stabil, bertambahnya jumlah dan kualitas produk yang disewakan, serta peningkatan reputasi dan pertumbuhan usaha secara keseluruhan. Strategi yang dijalankan juga berhasil meningkatkan kepercayaan dan loyalitas konsumen, yang menjadi modal penting bagi keberlanjutan usaha Repri Adventure. Dengan demikian, strategi pemasaran yang diterapkan bukan hanya efektif dari sisi bisnis, tetapi juga mencerminkan nilai-nilai ṣidq (kejujuran), tabyīn (transparansi), itqan (profesionalisme), dan barakah (keberkahan) dalam praktik
Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140103 Mathematical Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Davino Rarendra
Date Deposited: 24 Dec 2025 01:25
Last Modified: 24 Dec 2025 01:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/50695

Actions (login required)

View Item View Item