Dewi Fitriyani, Shinta (2025) Gambaran Kesulitan Belajar Berhitung Pada Siswa SMP Negeri 1 Jelbuk. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
|
Text
Shinta Dewi Fitriyani_212103050005-1.pdf Download (6MB) |
Abstract
Kemampuan berhitung merupakan dasar penting dalam pembelajaran
matematika yang berperan besar dalam perkembangan kemampuan berpikir logis
dan pemecahan masalah siswa. Namun, tidak semua siswa memiliki kemampuan
berhitung yang baik; sebagian di antaranya mengalami kesulitan dalam
memahami konsep dasar dan menerapkan operasi hitung secara tepat. Kesulitan
ini dapat berdampak pada rendahnya prestasi belajar matematika serta
menurunkan kepercayaan diri siswa dalam menghadapi pelajaran yang berkaitan
dengan angka.
Adapun fokus penelitian adalah: 1) Bagaimana gambaran kesulitan belajar
berhitung pada siswa SMP Negeri 1 Jelbuk? 2) Apa saja faktor penyebab
kesulitan belajar berhitung pada siswa SMP Negeri 1 Jelbuk. Tujuan dari
penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan gambaran kesulitan belajar
berhitung pada siswa SMP Negeri 1 Jelbuk. 2) Untuk mengidentifikasi faktor-
faktor yang menyebabkan kesulitan belajar berhitung pada siswa SMP Negeri 1
Jelbuk.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Subjek dalam penelitian ini ditentukan menggunakan teknik purposive
sampling. adapun responden dalam penelitian ini adalah siswa yang mengalami
kesulitan berhitung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
observasi, wawancara, serta dokumentasi. Adapun analisis data pada penelitian ini
menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari kondensasi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan penelitian ini menggunakan
triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek mengalami kesulitan dalam
menyelesaikan operasi hitung dasar, meliputi penjumlahan, pengurangan,
perkalian, pembagian, serta operasi campuran. Kesulitan tersebut disebabkan oleh
ketidakpahaman terhadap konsep dasar matematika, kesalahan prosedur dalam
langkah penyelesaian, serta rendahnya ketelitian dan kepercayaan diri siswa.
Faktor yang memengaruhi kesulitan belajar berhitung terdiri dari faktor internal
dan eksternal. Faktor internal meliputi kecemasan, rasa takut salah, rendahnya
motivasi belajar, dan kurangnya kepercayaan diri. Adapun faktor eksternal
meliputi kurangnya dukungan serta pendampingan dari keluarga di rumah,
sehingga siswa belajar secara mandiri tanpa arahan yang memadai.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170102 Developmental Psychology and Ageing 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi Islam |
| Depositing User: | Shinta Dewi Fitriyani |
| Date Deposited: | 24 Dec 2025 07:00 |
| Last Modified: | 24 Dec 2025 07:00 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/50758 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
