Pembelajaran Kitab Bidayatul Hidayah di Masjid Syekh Sholeh Abdurrohman Ar-Rasyid Bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama 20 Ma’arif As-Salafi Balung Kidul Balung Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.

ANNUHA AGIEL ZUBAIR, - (2020) Pembelajaran Kitab Bidayatul Hidayah di Masjid Syekh Sholeh Abdurrohman Ar-Rasyid Bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama 20 Ma’arif As-Salafi Balung Kidul Balung Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
ANNUHA AGIEL ZUBAIR_T20161259.pdf

Download (8MB)

Abstract

Annuha Agiel Zubair, 2020. Pembelajaran Kitab Bidayatul Hidayah di Masjid Syekh Sholeh Abdurrohman Ar-Rasyid Bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama 20 Ma’arif As-Salafi Balung Kidul Balung Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata Kunci: Kitab Bidayatul Hidayah, Masjid Syekh Sholeh Abdurrohman Ar-Rasyid, Siswa SMP 20 Ma’arif As-Salafi. Kemorosatan akhlak yang dirasakan saat ini sejumlah daerah di Indonesia baik secara perorangan maupun kelompok sudah sangat mengkhawatirkan. Indikasinya dapat dilihat dari semakin meningkatnya berbagai kasus kemerosotan akhlak, misalnya pergaulan seks bebas, maraknya angka kekerasan di kalangan peserta didik, kejahatan terhadap teman, pencurian, kebiasaan menyontek dan penyalah gunaan obat-obatan, dan perusakan barang miliki orang lain. sehingga diperlukannya pembelajaran kitab tentang akhlak. Salah satu kitab yang membahas tentang akhlak adalah kitab Bidayatul Hidayah, yang diterapkan di SMP 20 Ma’arif As-Salafi Balung Kidul Balung Jember. Fokus penelitian yang diteliti adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran kitab Bidayatul Hidayah di masjid Syekh Sholeh Abdurrohman Ar-Rasyid bagi siswa SMP 20 Ma’arif As-Salafi Balung Kidul-Balung-Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran kitab Bidayatul Hidayah di masjid Syekh Sholeh Abdurrohman Ar-Rasyid bagi siswa SMP 20 Ma’arif As-Salafi Balung Kidul-Balung-Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran kitab Bidayatul Hidayah di masjid Syekh Sholeh Abdurrohman Ar-Rasyid bagi siswa SMP 20 Ma’arif As-Salafi Balung Kidul-Balung-Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi pembelajaran kitab Bidayatul Hidayah di masjid Syekh Sholeh Abdurrohman Ar-Rasyid bagi siswa SMP 20 Ma’arif AsSalafi Balung Kidul-Balung-Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Sementara itu, penentuan subyek menggunakan secara purposive, dan teknik mengumpulkan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model Milles, Huberman dan Saldana. Adapun langkah-langkahnya yaitu: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. 1.) Hasil penelitian ini ialah: 1) Perencanaan pembelajaran kitab Bidayatul Hidayah di masjid Syekh Sholeh Abdurrohman Ar-Rasyid bagi siswa SMP 20 Ma’arif As-Salafi Balung Kidul-Balung-Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 adalah dengan mengadakan musyawarah bersama kyai dan ustadz untuk menentukan jadwal, menentukan materi, media, metode pembelajaran dan menentukan sumber belajar. 2.) Pelaksanaan pembelajaran kitab Bidayatul Hidayah di masjid Syekh Sholeh Abdurrohman Ar-Rasyid bagi siswa SMP 20 Ma’arif As-Salafi Balung Kidul-BalungJember Tahun Pelajaran 2019/2020 terdapat tiga cakupan, yaitu: a) Membuka pelajaran: sebelum pembelajaran dimulai diharapkan seluruh siswa mampu mengikuti sholat dhuha berjam’ah, membaca surat al-kahfi bersama, dilanjutkan dengan membaca doa, salam, menanyakan kehadiran para siswa b) Menjelaskan materi: kyai menggunakan metode bandongan c) Menutup pelajaran: mempersilahkan seluruh siswa untuk membaca doa akhir majlis bersama-sama disertai dengan salam. 3.) Evaluasi pembelajaran kitab Bidayatul Hidayah di masjid Syekh Sholeh Abdurrohman Ar-Rasyid bagi siswa SMP 20 Ma’arif As-Salafi Balung Kidul-Balung-Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan menggunakan tes tulis dan tes lisan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 28 Mar 2022 07:42
Last Modified: 28 Mar 2022 07:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5117

Actions (login required)

View Item View Item