Munawaroh, Siti Mukarromah Halimatul (2021) PROFIL KEMAMPUAN SPASIAL SISWA KELAS XI SMK AL-AZHAR DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI LEVEL BERPIKIR VAN HIELE. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Siti Mukarromah Halimatul Munawaroh_T20157016.pdf Download (20MB) |
Abstract
Kemampuan spasial merupakan suatu kemampuan untuk merepresentasikan suatu konsep abstrak ke dalam bentuk visual dua/tiga dimensi dan melakukan perubahan terhadap suatu bangun geometri. Van Hiele mengatakan bahwa siswa akan melalui lima level berpikir dalam memahami geometri yaitu: visualisasi, analisis, abstraksi, deduksi dan rigor. Dalam setiap tingkat berpikir Van Hiele juga dibutuhkan keterampilan-keterampilan dasar dalam memecahkan masalah geometri yang berbeda-beda. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengetahui profil kemampuan spasial dalam menyelesaikan soal geometri bangun ruang sisi datar yang ditinjau dari level berpikir Van Hiele di SMK Al-Azhar.
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana profil kemampuan spasial siswa dalam menyelesaikan soal geometri bangun ruang sisi datar ditinjau dari level visualisasi Van Hiele? 2) Bagaimana profil kemampuan spasial siswa dalam menyelesaikan soal geometri bangun ruang sisi datar ditinjau dari level analisis Van Hiele? 3) Bagaimana profil kemampuan spasial siswa dalam menyelesaikan soal geometri bangun ruang sisi datar ditinjau dari level abstraksi Van Hiele? 4) Bagaimana profil kemampuan spasial siswa dalam menyelesaikan soal geometri bangun ruang sisi datar ditinjau dari level deduksi Van Hiele?. Sehinggga penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan kemampuan spasial siswa dalam menyelesaikan soal geometri bangun ruang sisi datar ditinjau dari level visualisasi Van Hiele, 2) Mendeskripsikan kemampuan spasial siswa dalam menyelesaikan soal geometri bangun ruang sisi datar ditinjau dari level analisis Van Hiele, 3) Mendeskripsikan kemampuan spasial siswa dalam menyelesaikan soal geometri bangun ruang sisi datar ditinjau dari level abstraksi Van Hiele dan 4) Mendeskripsikan kemampuan spasial siswa dalam menyelesaikan soal geometri bangun ruang sisi datar ditinjau dari level deduksi Van Hiele.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes identifikasi level berpikir Van Hiele, tes kemampuan spasial dan pedoman wawancara. Proses analisis data menurut Miles, Huberman dan Saldana, yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan/ verifikasi. Untuk menguji keabsahan data, dalam penelitian ini peneliti menggunakan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Siswa dengan level Van Hiele visualisasi memiliki kemampuan spasial pada indikator persepsi dan relasi keruangan; 2) Siswa dengan level Van Hiele analisis memiliki kemampuan spasial pada indikator persepsi, visualisasi dan relasi keruangan; 3) Siswa dengan level Van Hiele abstraksi memiliki kemampuan spasial pada indikator visualisasi dan relasi keruangan; 4) Siswa dengan level Van Hiele deduksi memiliki kemampuan spasial pada indikator persepsi, visualisasi dan relasi keruangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Siti Mukarromah Halimatul Munawaroh |
Date Deposited: | 29 Mar 2022 04:02 |
Last Modified: | 29 Mar 2022 04:02 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5141 |
Actions (login required)
View Item |