Pelaksanaan Metode bermain peran dalam mengembangkan Aspek Bahasa Anak Kelompok B di RA Perwanida 17 tanggul Jember Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.

NURUL LAELIYAH, - (2020) Pelaksanaan Metode bermain peran dalam mengembangkan Aspek Bahasa Anak Kelompok B di RA Perwanida 17 tanggul Jember Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

[img] Text
NURUL LAELIYAH_T20165063.pdf

Download (4MB)

Abstract

Nurul Lailiyah, 2020 : Pelaksanaan Metode bermain peran dalam mengembangkan Aspek Bahasa Anak Kelompok B di RA Perwanida 17 tanggul Jember Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Pendidikan merupakan suatu proses yang bertujuan. Setiap proses yang bertujuan tentunya mempunyai ukuran sudah sampai dimana perjalanan kita dalam mencapai tujuan. Perkembangan bahasa sebagai salah satu dari kemampuan dasar yang harus dimiliki anak, terdiri dari beberapa tahapan sesuai dengan usia dan karakteristik perkembangannya. Kegiatan bermain peran disamping fantasi dan emosi yang menyertai permainan itu, anak belajar berbicara sesuai dengan peran yang dimainkan, belajar mendengarkan dengan baik, dan melihat hubungan antara berbagai peran yang dimainkan di drama. Seperti telah dipaparkan sebelumnya, setiap metode pembelajaran memiliki langkah-langkah tertentu yang memberikan kekhasan terhadap metode itu sendiri. Demikian juga halnya dengan metode role playing. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana pelaksanaan metode bermain peran makro dalam mengembangkan aspek bahasa anak kelompok B di RA Perwanida 17 Tanggul Tahun Pelajaran 2019/2020? 2. Bagaimana pelaksanaan metode bermain peran mikro dalam mengembangkan aspek bahasa anak kelompok B di RA Perwanida 17 Tanggul Tahun Pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitian ini adalah: 1. mendeskripsikan pelaksanaan metode bermain peran makro dalam mengembangkan aspek bahasa anak kelompok B di RA Perwanida 17 tanggul Tahun Pelajaran 2019/2020. 2. Mendeskripsikan pelaksanaan metode bermain peran makro dalam mengembangkan aspek bahasa anak kelompok B di RA Perwanida 17 Tanggul Tahun Pelajaran 2019/2020. Pendekatan menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan: Observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan Deskriptif kualitatif. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan : 1. Pelaksanaan metode bermain peran makro dalam mengembangkan aspek bahasa yaitu dilaksanakan satu minggu sekali pada hari Selasa selama dua jam pelajaran, teknisnya, guru memanggil nama siswa untuk memerankan sebagai tokoh guru menjelaskan kepada siswa tentang cerita yang akan diperagakan, kemudian guru menyuruh siswa yang ditunjuk memperagakan sesuai narasi cerita, dan disela-sela peragaan yang dilakukan siswa ada guru yang membimbing siswa sesuai cerita tersebut. 2. Pelaksanaan metode bermain peran mikro dalam mengembangkan aspek bahasa anak yaitu dilaksanakan satu minggu sekali pada hari Jum’at selama dua jam pelajaran. Pelaksanaan dilakukan dengan memanggil beberapa siswa untuk maju didepan kelas agar mereka memerankan peran dalam bentuk benda kecil. Kemudian guru menjelaskan tentang cerita yang akan diperankan oleh siswa agar siswa tidak merasa bingung dalam memerakannya, kemudian menyuruh siswa melaksanakan bermain peran mikro dengan bimbingan dan arahan dari guru agar siswa yang tidak terbiasa menjadi faham dengan maksud dan tujuan cerita, sedangkan siswa lainnya disuruh untuk mendengarkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 29 Mar 2022 08:59
Last Modified: 29 Mar 2022 08:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5149

Actions (login required)

View Item View Item