Windi Vio Ariska, - (2021) Pengembangan pop-up book sebagai Media Pembelajaran Biologi pada Materi Sistem Reproduksi Manusia untuk Kelas XI MIPA MAN 1 Mojokerto. Undergraduate thesis, Fakulatas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Biologi.
Text
Windi Vio Ariska_T20178028.pdf Download (12MB) |
Abstract
Windi Vio Ariska, 2021: Pengembangan pop-up book sebagai Media Pembelajaran Biologi pada Materi Sistem Reproduksi Manusia untuk Kelas XI MIPA MAN 1 Mojokerto. Kata Kunci : Media Pembelajaran, pop-up book. Kegiatan pembelajaran di MAN 1 Mojokerto menggunakan media pembelajaran power point, buku paket dan buku pegangan guru, metode yang digunakan menggunakan metode ceramah, proses pembelajaran di kelas terkesan monoton peserta didik tidak antusias ketika belajar biologi dan mengalami kesulitan ketika belajar materi biologi sistem reproduksi pada manusia dalam hal ini peserta didik membutuhkan media pembelajaran yang inovatif dan kreatif yaitu media pop-up book untuk membantu kesulitan yang dialami peserta didik. Rumusan masalah, yang diteliti dalam skripsi ini adalah :1) Bagaimana pengembangan pop-up book sebagai media pembelajaran biologi pada materi sistem reproduksi manusia kelas XI MIPA di MAN 1 Mojokerto? 2) Bagaimana kevalidan pop-up book sebagai media pembelajaran biologi pada materi sistem reproduksi manusia kelas XI MIPA di MAN 1 Mojokerto?. Tujuan penelitian ini: 1) Mendeskripsikan pengembangan pop-up book sebagai media pembelajaran biologi pada materi sistem reproduksi manusia kelas XI MIPA di MAN 1 Mojokerto. 2) Mendeskripsikan kevalidan pop-up book sebagai media pembelajaran biologi pada materi sistem reproduksi manusia kelas XI MIPA di MAN 1 Mojokerto. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE sampai tahap 3 yang dilakukan dengan tahap analisis, desain dan pengembangan. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, serta angket. Penelitian ini melibatkan beberapa dosen dan guru untuk melakukan validasi produk. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan, pertama pengembangan media pembelajaran pop-up book terdiri dari 3 aspek yaitu analisis yang meliputi analis kerja dan analisis kebutuhan yang dilakukan secara observasi, wawancara dan penyebaran angket, desain meliputi pemilihan warna background setiap layer pop-up tata letak materi dan gambar pada media, pengkajian perangkat pembuatan media pop-up book dan pengembangan yang meliputi proses pembuatan media sesuai story board pada tahap design, proses percetakan gambar ilustrasi, materi dan background, penyusunan gambar ilustrasi dan materi menjadi satu kesatuan pop-up serta proses validasi produk media popup book. Kedua kevalidan media pembelajaran pop-up book dari hasil penelitian yaitu “sangat valid”, digunakan sebagai media pembelajaran hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata presentase validasi ahli media, validasi ahli materi dan validasi guru dengan presentase 92,20%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Ifan Ali Mufti |
Date Deposited: | 31 Mar 2022 08:07 |
Last Modified: | 31 Mar 2022 08:07 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5192 |
Actions (login required)
View Item |