Kegiatan Ekstrakulikuler Muhadharah Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Al- Fattah Pecalongan Sukosari Bondowoso.

Ayu Fitria, Ningsih (2020) Kegiatan Ekstrakulikuler Muhadharah Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Al- Fattah Pecalongan Sukosari Bondowoso. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Ayu Fitria Ningsih_T2016118.pdf

Download (5MB)

Abstract

Ayu Fitria Ningsih. 2020. Kegiatan Ekstrakulikuler Muhadharah Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Al- Fattah Pecalongan Sukosari Bondowoso. Kegiatan ekstrakulikuler muhadharah diterapkan di Madrasah Tsanawiyah. Dimana dalam kegiatannya mengenai bagaimana cara memiliki sikap percaya diri ketika berbicara di depan umum di lingkungan pendidikan ataupun di masyarakat, yang nantinya akan diterapkan di kehidupan sehari-hari, baik dalam pembiasaan pidato, model peran, dukungan dan lain sebagainya. Dari cara menampilkan pidato, bukan hanya berpidato dengan cara melihat teks dari awal hinggal akhir, akan tetapi disini seseorang peserta didik harus mampu menampilkan pidato semaksimal mungkin dan dalam penyampaiannya menggunakan metode menghafal sesuai dengan kemampuan masing-masing. Adapun proses pendekatan kegiatan ekstrakulikuler muhadharah diantaranya adalahperencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Jadi kegiatan akan maksimal jika dari ketiga proses tersebut sudah terlaksana. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan kegiatan ekstrakulikuler muhadharah dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa di madrasah tsanawiyah Al-Fattah Pecalongan sukosari bondowoso? 2) Bagaimana pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler muhadharah dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Fattah Pecalongan Sukosari Bondowoso? 3) Bagaimana evaluasi kegiatan ekstrakulikuler muhadharah dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Fattah Pecalongan Sukosari Bondowoso? Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan kegiatan ekstrakulikuler muhadharah dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa di madrasah tsanawiyah Al-Fattah Pecalongan Sukosari Bondowoso.2) Mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler muhadharah dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa di Madrasah Tsnawiyah Al-Fattah pecalongan Sukosari Bondowoso. 3) Mendeskripsikan evaluasi kegaiatan ekstrakulikuler muhadharah dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Fattah Pecalongan Sukosari Bondowoso. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi tehnik dan triangulasi sumber. Dalam penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) dalam perencanaan, Pembina muhadharah menentukan mengenai jadwal kegiatannya yang dilaksanakan satu minggu sekali dan memilih topik atau tema yang sesuai untuk ditampilkan. 2) dalam pelaksanaan, peserta didik yang ditunjuk sebagai peserta muhadharah menampilkan latihan pidato di depan teman-temannya diberikan waktu minimal 7 menit. 3) dalam evaluasi, pembina mengevaluasi peserta didik setiap satu minggu sekali setelah selesai kegiatan, mengevaluasi setiap persemester, dan harapan pembina muhadharah, ketika peserta didik sudah keluar dari lembaga madrasah, benar-benar bisa mempraktekkan apa yang sudah dipelajari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 02 Apr 2022 01:28
Last Modified: 02 Apr 2022 01:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5215

Actions (login required)

View Item View Item