Problematika Implementasi Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtida’iyah Ma’arif Nurul Huda Puger Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.

Luluk Nur Azizah, - (2021) Problematika Implementasi Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtida’iyah Ma’arif Nurul Huda Puger Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah (PGMI).

[img] Text
Luluk Nur Azizah_T20164080.pdf

Download (3MB)

Abstract

Luluk Nur Azizah. 2020. Problematika Implementasi Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtida’iyah Ma’arif Nurul Huda Puger Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata Kunci: Problematika, Implementasi Pembelajaran Tematik, Kurikulum 2013. Madrasah Ibtida’iyah Ma’arif Nurul Huda Desa Mojomulyo Kecamatan Puger sudah menerapkan Kurikulum 2013 selama 8 semester, di madrasah ini sudah menerapkan kurikulum 2013 di kelas 1 sampai dengan 6, akan tetapi dalam penelitian ini peneliti hanya fokus pada kelas 1 karena pada kelas tersebut dalam proses pembelajaran masih mengalami beberapa kendala baik dari pendidik maupun peserta didik, dengan demikian peneliti tertarik untuk mengangkat judul “Problematika Kurikulum 2013 siswa kelas 1 di MIMA Nurul Huda Desa Mojomulyo Kecamatan Puger Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Berdasarkan latar belakang tersebut, Pada penelitian ini peneliti memfokuskan hanya pada siswa kelas I untuk mengetahui : 1) Bagaimana implementasi pembelajaran tematik kurikulum 2013 Kelas 1 di Madrasah Ibtida’iyah Ma’arif Nurul Huda Puger Jember tahun pelajaran 2019/2020; 2) Bagaimana problematika yang dialami guru dan siswa dalam pembelajaran tematik kurikulum 2013 kelas I di Madrasah Ibtida’iyah Ma’arif Nurul Huda Puger Jember tahun pelajaran 2019/2020; 3) Bagaimana solusi pihak madrasah dalam mengatasi problematika pembelajaran tematik kurikulum 2013 kelas I di Madrasah Ibtida’iyah Ma’arif Nurul Huda Puger Jember tahun pelajaran 2019/2020. Tujuan Penelitian antara lain: mendeskripsikan implementasi pembelajaran tematik kurikulum 2013, mendeskripsikan problematika implementasi pembelajaran tematik kurikulum 2013, mendeskripsikan solusi pihak madrasah dalam mengatasi problematika implementasi kurikulum 2013. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Studi kasus. Penentuan subjek penelitian dalam penelitian ini dilakukan secara purposive Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan model analisis data Miles Hubermen dan saldana. Analisis data ini meliputi kegiatan kondensasi data, penyajian data (display), penarikan kesimpulan dan verifkasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas I MIMA Nurul Huda Desa Mojomulyo Kecamatan Puger sudah melaksanakan pembelajaran tematik. Implementasi Pembelajaran tematik dikelas 1 terdiri dari tiga tahap, yaitu perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap penilaian. Problematika yang dialami guru dan siswa diantaranya: 1) kemampuan baca, tulis dan hitung lambat, 2) pengelolaan kelas kurang maksimal, 3) pembuatan RPP Tematik. Solusi yang ditempuh pihak madrasah dalam mengatasi problematika tersebut diantara lain : 1) memberikan jam tambahan untuk siswa, 2) diskusi dengan guru kelas lainnya, 3) guru mengikuti latihan atau kkg yang diadakan oleh kecamatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 04 Apr 2022 05:21
Last Modified: 04 Apr 2022 05:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5231

Actions (login required)

View Item View Item