Pembelajaran Kitab Mabadi Fiqih Dalam Menanamkan Nilai Religius Siswa Kelas V MI Plus Istiqomah Tahun Pelajaran 2019/ 2020

Elis Permata Dewi, - (2020) Pembelajaran Kitab Mabadi Fiqih Dalam Menanamkan Nilai Religius Siswa Kelas V MI Plus Istiqomah Tahun Pelajaran 2019/ 2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Islam Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
Elis Permata Dewi_084134073.pdf

Download (9MB)

Abstract

Elis Permata Dewi,2020 Pembelajaran Kitab Mabadi Fiqih Dalam Menanamkan Nilai Religius Siswa Kelas V MI Plus Istiqomah Tahun Pelajaran 2019/ 2020 Siswa yang memiliki nilai religius selalu menunjukkan perilaku yang baik, baik kepada Allah, sesama, dan lingkuan serta kepada diri sendiri. Berdasarkan hal tersebut peneliti melakukan penelitian di MI Plus Istiqomah yang menerapkan pembelajaran kitab Mabadi Fiqih. Fokus masalah yang diteliti diskripsi ini adalah : 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran kitab Mabadi Fiqih dalam menanamkan nilai Religius pada siswa kelas V MI Plus Istiqomah tahun ajaran 2019/2020?, 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran kitab Mabadi Fiqih dalam menanamkan nilai Religius pada siswa kelas V MI Plus Istiqomah tahun ajaran 2019/2020?, 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran pembelajaran kitab Mabadi Fiqih dalam menanamkan nilai Religius pada siswa kelas V MI Plus Istiqomah tahun ajaran 2019/2020? Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, menganalisis pelaksanaan pembelajaran kitab mabadi Fiqih dalam menanamkan nilai religius siswa kelas V MI Plus Istiqomah tahun ajaran 2019/2020. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi nonpartisipan, dan dokumentasi, sedangkan untuk menentukan keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber dan metode. Pembelajaran kitab pembelajaran kitab Mabadi Fiqih dalam menanamkan nilai Religius pada siswa kelas V MI Plus Istiqomah perancangan pemiliahan materi, metode yang akan digunakan serta jadwal pembelajaran. 2) Pelaksanaan pembelajaran kitab Mabadi Fiqih dengan penjadwalan seminggu sekali dalam seminggu. Nilai religius yang yang ditekankan yaitu Sholat. 3) Evaluasi pelaksanaan pembelajaran kitab Mabadi Fiqih dapat dilihat dan diketahui dari keantusiasan siswa dan keaktifan dalam mengikuti pembelajaran dan reaksi ketika mengikuti pembelajaran tersebut yang termasuk nilai ibadah. Selain itu bentuk evaluasi dilihat dari bagaimana perilaku siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 05 Apr 2022 03:40
Last Modified: 05 Apr 2022 03:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5243

Actions (login required)

View Item View Item