Mardiyah Lustiana Mujahid, - (2021) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Teori Polya pada Materi Bilangan Bulat dan Pecahan Ditinjau dari Gaya Kognitif di Kelas VII SMP Ainul Yaqin Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Prodi Tadris Matematika.
Text
Mardiyah Lustiana Mujahid_T20177077.pdf Download (10MB) |
Abstract
Mardiyah Lustiana Mujahid, 2021: Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Teori Polya pada Materi Bilangan Bulat dan Pecahan Ditinjau dari Gaya Kognitif di Kelas VII SMP Ainul Yaqin Jember Tahun Pelajaran 2020/2021 Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Teori Polya, Gaya Kognitif, Bilangan Bulat dan Pecahan. Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah melatih siswa dalam memecahkan masalah. Pemecahan masalah matematika merupakan aspek penting, namun pada kenyataannya siswa sering mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah matematika. Hasil wawancara dengan guru matematika siswa kelas VII di SMP Ainul Yaqin menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII masih tergolong rendah. Dengan demikian perlu dikaji lebih lanjut untuk mengoptimalkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswanya yakni dengan menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII yang ditinjau dari gaya kognitif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan teori Polya pada materi bilangan bulat dan pecahan ditinjau dari gaya kognitif Field Independent (FI) di kelas VII SMP Ainul Yaqin Jember tahun pelajaran 2020/2021. 2) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan teori Polya pada materi bilangan bulat dan pecahan ditinjau dari gaya kognitif Field Dependent (FD) di kelas VII SMP Ainul Yaqin Jember tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data menggunakan instrumen tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan gaya kognitif FI berkategori baik pada tahapan memahami masalah, membuat rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan memeriksa kembali. Pada saat observasi, subjek FI tidak terpengaruh kritik, mampu menyelesaikan masalah tanpa arahan dari peneliti, selama mengerjakan soal tidak terganggu dengan keramaian disekitar kelas, dan menyelesaikan masalah dengan caranya sendiri. 2) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan gaya kognitif FD berkategori cukup pada tahapan memahami masalah, melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali, berkategori kurang pada tahapan merencanakan penyelesaian. Pada saat observasi, subjek FD terpengaruh oleh kritik, mampu menyelesaikan masalah karena arahan dan penjelasan dari peneliti, dan tidak terganggu dengan suara keramaian dari sekitar kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad iqbal abdilah |
Date Deposited: | 05 Apr 2022 03:40 |
Last Modified: | 05 Apr 2022 03:40 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5250 |
Actions (login required)
View Item |