Manajemen Sumber Daya Pendidik Di Hidayatul Murid Fullday Elementary School Ampel Wuluhan Jember Tahun Ajaran 2017/2018

SITI ROISATU FATIMAH, - (2018) Manajemen Sumber Daya Pendidik Di Hidayatul Murid Fullday Elementary School Ampel Wuluhan Jember Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Kependidikan Islam Program Studi Manajemen Pendidikan Islam.

[img] Text
SITI ROISATU FATIMAH_084143015.pdf

Download (9MB)

Abstract

Siti Roisatu Fatimah, 2018, Manajemen Sumber Daya Pendidik Di Hidayatul Murid Fullday Elementary School Ampel Wuluhan Jember Tahun Ajaran 2017/2018 Suatu organisasi dibentuk untuk mencapai tujuan bersama, begitu juga dengan lembaga pendidikan tentu diarahkan untuk tujuan yang telah ditetapkan bersama. Berdasarkan Undang-Undang No 20 tahun 2003 bahwa pendidikan nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan adanya sebuah pengelolaan dalam sumber daya yang terdapat dalam lembaga pendidikan, salah satu sumber daya yang penting dalam pendidikan yaitu pendidik, karena pendidiklah yang berpartisipasi dalam penyelenggaraan pendidikan. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana rekrutmen sumber daya pendidik di Hidayatul Murid Full Day Elementary School Ampel Wuluhan Jember? 2). Bagaimana seleksi sumber daya pendidik di Hidayatul Murid Full Day Elementary School Ampel Wuluhan Jember?. 3) Bagaimana pengembangan sumber daya pendidik di Hidayatul Murid Full Day Elementary School Ampel Wuluhan Jember? Tujuan penelitain untuk 1)Mendeskripsikan proses rekrutmen sumber daya manusia di Hidayatul Murid Full Day Elementary School Ampel Wuluhan Jember. 2)Mendeskripsikan proses seleksi sumber daya manusia di Hidayatul Murid Full Day Elementary School Ampel Wuluhan Jember. 3) Mendeskripsikan pengembangan sumber daya pendidik di Hidayatul Murid Full Day Elementary School Ampel Wuluhan Jember Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan untuk uji keabsahan data yang diperoleh peneliti menggunakan tekhnik triangulasi sumber dan metode. Adapun kesimpulan dalam penelitian ini adalah: 1) Rekrutmen sumber daya pendidik di Hidayatul Murid Elementary School Ampel Wuluhan Jember, yang pertama proses rekrutmen dilakukan melalui analisis kebutuhan dengan SOP yang dibentuk atas kepala sekolah dan kepala bidang studi dan terlaksana dalam rapat dan membuat pengumuman informasi ke semua orang untuk di publikasikan di media sosial. Kedua yaitu sumber peekrutan yakni dari sumber eksternal. 2) Seleksi sumber daya pendidik di Hidayatul Murid Elementary School Ampel Wuluhan Jember yang pertama yaitu mengundang calon pendidik yang memenuhi persyaratan dari lembaga, kedua yaitu dilakukannya proses wawancara oleh kepala sekolah dan kepala bidang studi, ketiga yaitu tes praltek mengajar yang dimulai dengan membuat perangkat mengajar terlebih dahulu, setelah 3 bulan dalam masa percobaan barulah diberitahukan diterima atau tidaknya. 3) Pengembangan sumber daya pendidik di Hidayatul Murid Elementary School Ampel Wuluhan Jember yang pertama yaitu bentuk pengembangan berupa pelatihan atau diklat yang mengikuitsertakan semua pendidik, entah di dalam sekolah atau gabung dengan sekolah lain, kedua yaitu melihat kebutuhan dan tujuan diklat, menentukan narasumber merupakan langkah yang dilakukan sebelum diklat itu diadakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 06 Apr 2022 06:57
Last Modified: 06 Apr 2022 06:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5302

Actions (login required)

View Item View Item