Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Perilaku Akhlakul Karimah Siswa Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Mayang Jember Tahun Pelajaran 2020/2021

Ida Fikriatus Soleha, - (2021) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Perilaku Akhlakul Karimah Siswa Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Mayang Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Ida Fikriatus Soleha_T20161277.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ida Fikriatus Soleha, 2021: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Perilaku Akhlakul Karimah Siswa Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Mayang Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci: Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Akhlakul Karimah, dan Siswa. Di zaman sekarang banyak para siswa siswi yang berprestasi. Tetapi prestasi yang menggembirakan tersebut tidak dibarengi dengan akhlakul karimah. Hal itu terlihat dengan kurangnya sopan santun (dalam tradisi jawa tatakrama) terhadap guru, kurangnya menghormati yang lebih tua. Betapa menyayangkan kondisi siswa dan siswi kita. Disinilah letak peran guru yang utama untuk membina baik dan buruknya akhlak seorang siswa. Dalam membina akhlakul karimah diperlukan pembelajaran, pembiasaan, dan keteladanan dalam meningkatkan perilaku akhlakul karimah siswa. Menanggulangi permasalahan tersebut SMP Negeri 2 Mayang menggunakan beberapa strategi dalam meningkatkan perilaku akhlakul karimah siswa. Fokus penelitian: 1) Bagaimana strategi pembelajaran kooperatif guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan perilaku akhlakul karimah siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Mayang Jember?; 2) Bagaimana strategi pembelajaran afektif guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan perilaku akhlakul karimah siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Mayang Jember?. Tujuan penelitian: 1) Mendeskripsikan strategi pembelajaran kooperatif guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan perilaku akhlakul karimah siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Mayang Jember; 2) Mendeskripsikan strategi pembelajaran afektif guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan perilaku akhlakul karimah siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Mayang Jember. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, observasi partisipasi pasif, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Strategi pembelajaran kooperatif guru Pendidikan Agama Islam dilakukan dengan memberi video, materi diskusi, ppt atau video pembelajaran yang direkam oleh guru, salim ketika masuk kelas, berinovasi dan beradaptasi dalam menangani akhlak siswa, serta memakai jilbab bagi siswa putri; 2) Strategi pembelajaran afektif guru Pendidikan Agama Islam dilakukan dengan memakai zoom, menyebarkan soal dan mengumpulkannya ke sekolah, evaluasi dengan melihat ketepatan mengumpulkan dan sikap jujur dalam mengerjakan tugas, menjaga keberkahan ilmu oleh guru PAI, menguasai materi dan membuat RPP sebelum mengajar, shalat dhuhur berjamaah, menyikapi kenakalan siswa dengan pendekatan persuasif, salim ketika mulai masuk gerbang, pemberian hukuman dengan shalat dhuha dan membaca al-Quran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 07 Apr 2022 02:02
Last Modified: 07 Apr 2022 02:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5321

Actions (login required)

View Item View Item