IRHAM, - (2021) Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Kecerdasan Siswa Kelas Iii Di Madrasah Ibtidaiyah Abul Abas Kaliwining Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
Text
IRHAM NIM_T20164056.pdf Download (3MB) |
Abstract
Irham, 2020: Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Kecerdasan Siswa Kelas Iii Di Madrasah Ibtidaiyah Abul Abas Kaliwining Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Seringkali guru tidak memperhatikan metode dalam mengajar sehingga membuat proses pembelajaran yang di lakukan tidak sesuai dengan materi yang di ajarkan. Hal ini berimbas pada pemahaman siswa yang kurang maksimal dalam menyerap materi. Hasil observasi menunjukkan bahwa MI Abul Abbas Kaliwining Rambipuji Jember, sebagian besar guru lebih suka menggunakan metode ceramah sehingga siswa kurang kreatif dalam menjawab pertanyaan dan lemah dalam penguasaan materi. Hal ini dibuktikan dengan rendahnya nilai ratarata fiqih pada materi shalat Idain sebelum diadakan tindakan. Dengan penerapan metode pengajaran yang tepat dan baik dapat lebih efektif dalam proses belajar mengajar yang dilakukan oleh seorang guru untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Maka dari itu dengan menerapkan metode demonstrasi diharapkan proses belajar mengajar akan lebih kondusif dan efektif sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai. Fokus penelitian: (1) Bagaimana penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan kecerdasan Aspek Kognitif siswa kelas III mata pelajaran Fiqih Madrasah Ibtidaiyah Abul Abbas Kaliwining Rambipuji Jember? (2) Bagaimana penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan kecerdasan Aspek Afektif siswa kelas III mata pelajaran Fiqih Madrasah Ibtidaiyah Abul Abbas Kaliwining Rambipuji Jember? (3) Bagaimana penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan kecerdasan Aspek Psikomotorik siswa kelas III mata pelajaran Fiqih Madrasah Ibtidaiyah Abul Abbas Kaliwining Rambipuji Jember? Tujuan penelitian: (1) Mendeskripsikan bagaimana penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan kecerdasan Aspek Kognitif siswa kelas III mata pelajaran Fiqih Madrasah Ibtidaiyah Abul Abbas Kaliwining Rambipuji Jember, (2) Mendeskripsikan bagaimana metode demonstrasi dalam meningkatkan kecerdasan Aspek Afektif siswa kelas III mata pelajaran Fiqih Madrasah Ibtidaiyah Abul Abbas Kaliwining Rambipuji Jember, (3) Mendeskripsikan bagaimana demonstrasi dalam meningkatkan kecerdasan Aspek Psikomotorik siswa kelas III mata pelajaran Fiqih Madrasah Ibtidaiyah Abul Abbas Kaliwining Rambipuji Jember. Metode yang di gunakan dalam pengumpulan data penelitian ini yaitu metode pemberian tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah PTK yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas atau di sekolah tempat ia mengajar dengan penekanan pada penyempurnaan atau peningkatan proses dan praktis pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: (1) Dengan menggunakan metode demonstrasi pada pembelajaran Fiqih keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran meningkat. (2) Penerapan metode demonstrasi dalam pelajaran Fiqih pokok bahasan shalat Idain mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad iqbal abdilah |
Date Deposited: | 07 Apr 2022 03:26 |
Last Modified: | 07 Apr 2022 03:26 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5323 |
Actions (login required)
View Item |