Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Task Commitment terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di SMP Plus Darussholah Jember Tahun Ajaran 2019/2020.

Siti Nurul Aini, - (2021) Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Task Commitment terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di SMP Plus Darussholah Jember Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika.

[img] Text
Siti Nurul Aini_T20167015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Siti Nurul Aini, 2020: Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Task Commitment terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di SMP Plus Darussholah Jember Tahun Ajaran 2019/2020. Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Task Commitment, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kecerdasan emosional yang merupakan kemampuan seseorang untuk bisa mengenal dirinya sendiri dengan lebih baik dan mengenal orang lain. Hal ini berkaitan dengan Task Commitment siswa dalam mengerjakan tugas. Hasil belajar disini berupa pola-pola perbuatan, nilai-nilai, pengertian-pengertian, sikap-sikap, apresiasi dan keterampilan. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimanakah kecerdasan emosional siswa kelas VIII di SMP Plus Darussholah Jember Tahun Ajaran 2019/2020? 2) Bagaimana task commitment siswa kelas VIII di SMP Plus Darussholah Jember Tahun Ajaran 2019/2020? 3) Bagaimana hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Plus Darussholah Jember Tahun Ajaran 2019/2020? 4) Adakah pengaruh kecerdasan emosional dan task commitment secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Plus Darussholah Jember Tahun Ajaran 2019/2020? 5) Adakah pengaruh kecerdasan emosional dan task commitment secara individu terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Plus Darussholah Jember Tahun Ajaran 2019/2020? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif yang dilakukan di SMP Plus Darussholah Jember. Populasi meliputi seluruh siswa kelas VIII di SMP Plus Darussholah Jember yang berjumlah 211 siswa. Penentuan jumlah sampel dengan rumus slovin diperoleh 71 siswa sebagai sampel dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi serta analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Siswa kelas VIII SMP Plus Darussholah yang memiliki tingkat kecerdasan emosional dengan kategori sedang sebanyak 64%. 2) Siswa kelas VIII SMP Plus Darussholah yang memiliki tingkat task commitment dengan kategori rendah sebanyak 57%. 3) Siswa kelas VIII SMP Plus Darussholah yang memiliki hasil belajar sangat tinggi sebanyak 66%. 4) Terdapat pengaruh signifikan kecerdasan emosional dan task commitment secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Plus Darussholah Jember tahun ajaran 2019/2020. 5) Terdapat variabel kecerdasan emosional yang tidak berpengaruh signifikan secara individu dan variabel task commitment berpengaruh signifikan secara individu terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Plus Darussholah Jember Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 07 Apr 2022 08:35
Last Modified: 07 Apr 2022 08:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5333

Actions (login required)

View Item View Item