Pengembangan Game Edukasi Berbasis Quartet Card Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII SMP/MTs

Kurniawan, Rivo Alfarizi (2022) Pengembangan Game Edukasi Berbasis Quartet Card Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII SMP/MTs. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RIVO ALFARIZI KURNIAWAN_T201810070.pdf

Download (6MB)

Abstract

Materi IPA di SMP/MTs yang dianggap sulit bagi peserta didik salah
satunya yakni materi klasifikasi makhluk hidup, berdasarkan wawancara kepada
peserta didik MTs Negeri 8 Jember diketahui bahwa peserta didik kesulitan dalam
melakukan identifikasi dan menggolongkan makhluk hidup berdasarkan
karakteristiknya, hal itu disebabkan karena cakupan materi yang luas dan sulit
serta media dan sumber belajar yang digunakan oleh guru kurang relevan.
Berdasarkan hasil observasi di MTs Negeri 8 Jember menunjukkan bahwa
ketersediaan fasilitas pendukung seperti proyektor dan akses internet di sekolah
tersebut kurang memadai sehingga sulit bagi guru untuk menggunakan media
pembelajaran berbasis elektronik serta ditambah dengan letak lokasi sekolah yang
kurang mendukung.
Tujuan penelitian ini di antaranya (1) untuk mendeskripsikan analisis
kebutuhan media game edukasi berbasis quartet card pada materi klasifikasi
makhluk hidup kelas VII SMP/MTs, (2) untuk mendeskripsikan validitas media
game edukasi berbasis quartet card pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas
VII SMP/MTs, (3) untuk mendeskripsikan respons peserta didik terhadap media
game edukasi berbasis quartet card pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas
VII SMP/MTs.
Metode penelitian yang digunakan yakni metode penelitian dan
pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development,
Implementation, dan Evaluation) yang terbatas pada tahap evaluasi formatif
dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya. Subjek penelitian terdiri dari validator
ahli materi, media, pengguna serta peserta didik. Subjek uji respons skala kecil
dilakukan terhadap 10 peserta didik kelas VII A dan skala besar dilakukan
terhadap 31 peserta didik kelas VII A MTs Negeri 8 Jember. Instrumen
pengumpulan data yang digunakan yakni lembar observasi dan angket dengan
skala likert. Teknik analisis data yang digunakan yakni teknik analisis deskriptif.
Hasil penelitian di antaranya (1) Hasil angket kebutuhan menunjukkan
bahwa sebesar 83,3% peserta didik membutuhkan media penunjang pembelajaran
dan sebesar 91,7% peserta didik mengharapkan media penunjang dalam bentuk
game card, (2) Hasil dari validasi ahli materi diperoleh rata-rata sebesar 95%,
hasil validasi ahli media diperoleh rata-rata sebesar 94% dan hasil validasi
pengguna diperoleh rata-rata sebesar 96,5% kriteria sangat valid, dengan demikian
media game edukasi berbasis quartet card dapat diuji cobakan kepada peserta
didik, (3) Hasil uji coba produk skala kecil diperoleh rata-rata sebesar 93%
kriteria sangat menarik dengan demikian dari segi keterbacaan media sangat baik.
Di samping itu, hasil dari uji coba produk skala besar diperoleh rata-rata sebesar
92% kriteria sangat menarik, dengan demikian dari segi kemenarikan media game
quartet card sangat menarik untuk digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Media Game, Quartet Card, Materi Klasifikasi Makhluk Hidup

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: RIVO ALFARIZI KURNIAWAN
Date Deposited: 08 Apr 2022 08:36
Last Modified: 08 Apr 2022 08:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5352

Actions (login required)

View Item View Item