Umam, Khotibul (2016) Kepemimpinan dan budaya organisasi: Peran kepala sekolah dalam mengembangkan budaya organisasi di sekolah/madrasah. IAIN Jember Press, Jember. ISBN 978-602-414-041-0
Text
Kepemimpinan dan budaya organisasi di sekolah madrasah.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Dalam praktiknya, kepemimpinan kepala sekolah/madrasah di lembaga pendidikan sangat vital dan menentukan demi keberlangsungan dan jalannya proses pendidikan. Peran kepala sekolah tidak hanya menjalankan proses pendidikan saja, akan tetapi juga untuk membangun budaya organisasi bagi seluruh warga sekolah. Menciptakan budaya organisasi sekolah/madrasah yang kondusif tidak terlepas dari upaya kepala sekolah dalam membentuk organisasi sekolah/madrasah yang kondusif, kompetitif, unggul dan berprestasi.
Kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan budaya organisasi merupakan upaya untuk mensinergikan semua komponen organisasi untuk berkomitmen pada budaya sekolah yang kuat (good school culture). Kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan budaya organisasi meliputi dua unsur utama, yaitu: (1) bangunan budaya (culture building), meliputi visi, misi, tujuan, nilai dan keyakinan, sistem penghargaan, hubungan emosional dan sosial dan desain organisasi. (2) bangunan pribadi (personal building) berupa pemodelan peran, meliputi perilaku pribadi, perilaku pemimpin dan tindakan administrasi.
Studi keberhasilan kepala sekolah menunjukkan bahwa kepala sekolah/madrasah adalah seseorang yang menentukan titik pusat dan irama suatu sekolah/madrasah, bahkan dalam mengembangkan budaya sekolah/madrasah. Bahkan lebih jauh studi tersebut menyimpulkan bahwa “keberhasilan sekolah/madrasah adalah keberhasilan kepala sekolah”. Hal tersebut menunjukkan betapa penting peranan kepala sekolah dalam menggerakkan kehidupan sekolah untuk mencapai tujuan. Ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam rumusan tersebut yaitu; (1).Kepala sekolah berperan sebagai kekuatan sentral yang menjadi kekuatan penggerak kehidupan sekolah/madrasah, dan (2). Kepala sekolah harus memahami tugas dan fungsi mereka demi keberhasilan sekolah/madrasah, serta memiliki kepedulian kepada staf dan siswa. Dengan peran kepala sekolah/madrasah dalam mengembangkan budaya organisasi di sekolah/madrasah sehingga secara tidak langsung dapat memberikan dampak yang positif bagi kehidupan di sekolah/madrasah, terutama dalam mencapai prestasi akademik maupun non-akademik.
Item Type: | Book |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kepemimpinan; budaya organisasi; peran kepala sekolah; budaya organisasi; sekolah; madrasah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150310 Organisation and Management Theory |
Depositing User: | Haryono Raiman |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 06:43 |
Last Modified: | 07 Nov 2019 03:44 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/539 |
Actions (login required)
View Item |