Ummi, Mustabsyiroh (2021) Implementasi Pembelajaran Individual Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Untuk Anak Penyandang Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Bagian Menengah Pertama (SMPLB-C TPA) Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Islam Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
Ummi Mustabsyiroh_T20161014.pdf Download (3MB) |
Abstract
Ummi Mustabsyiroh, 2020: Implementasi Pembelajaran Individual Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Untuk Anak Penyandang Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Bagian Menengah Pertama (SMPLB-C TPA) Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Implementasi pembelajaran individual merupakan pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang mengakomodasi perbedaan-perbedaan individu dalam pengorganisasian pembelajaran yang menitik beratkan bantuan dan bimbingan belajar kepada individual kelas secara khusus. Pendidikan agama islam untuk anak tunagrahita itu adalah pendidikan yang mengajarkan anak untuk melakukan perintah Allah SWT. dan menjauhi semua yang dilarang Allah SWT. dengan cara mengenalkannya terlebih dahulu tentang kewajiban yang harus dijalani lalu kemudian langsung di praktekkan agar siswa tersebut faham dengan apa yang sudah diajarkan oleh guru. Adapun fokus penelitian: (1) Bagaimana pelaksanaan Pembelajaran Individual Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Untuk Anak Penyandang Tunagrahita di SMPLB-C TPA Jember?. (2) Apa saja kendala Pelaksanaan Pembelajaran Individual Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Untuk Anak Penyandang Tunagrahita di SMPLB-C TPA Jember?. Adapun tujuan penelitian: (1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran individual pada bidang studi Pendidikan Agama Islam untuk anak penyandang tunagrahita di SMPLB-C TPA Jember. (2) Untuk mendeskripsikan kendala pelaksanaan pembelajaran individual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk anak penyandang tunagrahita di SMPLB-C TPA Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di SMPLB-C TPA Jember. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan data collection, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Serta keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian yaitu: (1) Pelaksanaan pembelajaran individual pada bidang studi pendidikan agama islam untuk anak penyandang tunagrahita di SMPLB-C TPA Jember, sangat tepat sekali karena anak berkebutuhan khusus memang perlu bimbingan secara individu. Dengan adanya bimbingan secara individu anak akan lebih mudah untuk konsentrasi sesuai dengan kemampuannya masing-masing sehingga dengan adanya pembelajaran individual anak akan semakin lebih fokus karena guru akan memberikan materi sesuai dengan apa yang di mampu oleh siswa tersebut. (2) Kendala pelaksanaan pembelajaran individual pada bidang studi pendidikan agama islam untuk anak penyandang tunagrahita di SMPLB-C TPA Jember, terdapat pada emosi, karakter, IQ dari anak tersebut. Pada emosi anak, ketika anak tersebut sedang tidak stabil dia tidak bisa dikendalikan sehingga anak tersebut tidak bisa konsentrasi untuk belajar. Kemudian pada karakter anak yang dimana karakter mereka itu berbeda-beda. Ketika anak tersebut mulai tidak fokus untuk belajar mereka akan mulai ramai dan mengganggu temannya yang lain dan akhirnya ikut ramai. Kemudian pada IQ anak yang dimana Jika IQ anak masih rendah rata-rata anak bisa menangkap pembelajarannya itu kemungkinan tiga kali penyampaian anak itu bisa faham dengan pembelajarannya, tetapi kalau IQ anak dibawah rata-rata, seorang guru membutuhkan pengulangan materi beberapa kali agar siswanya itu bisa menangkap apa yang disampaikan oleh guru tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad fredi afan |
Date Deposited: | 11 Apr 2022 08:05 |
Last Modified: | 11 Apr 2022 08:05 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5413 |
Actions (login required)
View Item |