Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran di MA Darul Hikmah Bondowoso.

Holifah, - (2020) Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran di MA Darul Hikmah Bondowoso. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam.

[img] Text
Holifah_T20163050.pdf

Download (4MB)

Abstract

Holifah, 2020: Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran di MA Darul Hikmah Bondowoso. Pendidikan merupakan senjata andalan untuk menciptakan generasi yang lebih baik dalam menghadapi era globalisasi sekarang ini. Fasilitas sekolah memegang peran penting dalam kegiatan belajar mengajar. Dalam rangka mengatur substansi sarana dan prasarana secara efektif dan efesien, perlu adanya manajemen sarana dan prasarana. Pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan bertujuan supaya fasilitas sekolah selalu siap pakai, ketika akan digunakan, sehingga proses kegiatan belajar mengajar akan berjalan secara maksimal. Dalam proses pembelajaran tidak hanya terbatas pada kegiatan yang dilakukan oleh guru yang hanya terpacu pada konsep mengajar. Namun pembelajaran mencakup semua kegiatan yang mempunyai pengaruh langsung pada proses belajar peserta didik. Sarana dan prasarana pendidikan mendukung secara langsung terhadap proses pembelajaran dan akan membantu guru dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, sarana dan prasarana pendidikan merupakan komponen penting yang ada di sekolah untuk menunjang proses pembelajaran yang lebih efektif dan efisien. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan proses pembelajaran di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Bondowoso, 2) Bagaimana pengadaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan proses pembelajaran di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Bondowoso, 3) Bagaimana pemanfaatan sarana dan prasarana dalam meningkatkan proses pembelajaran di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Bondowoso, 4) Bagaimana pertanggungjawaban sarana dan prasarana dalam meningkatkan proses pembelajaran di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Bondowoso. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pengadaan, pemanfaatan, dan pertanggungjawaban sarana dan prasarana dalam meningkatkan proses pembelajaran di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Bondowoso. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang dilakukan dengan cara mendeskripsikan manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan proses pembelajaran di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Bondowoso. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Perencanaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan proses pembelajaran di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Bondowoso dilakukan berdasarkan skala prioritas, yaitu yang lebih dibutuhkan oleh sekolah. Prosedur perencanaan sarana dan prasarana yaitu, analisis kebutuhan, seleksi terhadap sarana dan prasarana yang dapat dimanfaatkan kembali, penetapan dana, 2) Pengadaan sarana dan prasarana untuk meningkatkan proses pembelajaran di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Bondowoso dilakukan dengan cara membeli dan hibah dari masyarakat dan sekolah. Dalam pembelian barang dana diperoleh dari dana pemerintah dan dana dari sekolah, 3) Pemanfaatan sarana dan prasarana untuk meningkatkan proses pembelajaran di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Bondowoso dilakukan dengan cara adanya pengawasan sebulan sekali, 4) Pertanggungjawaban sarana dan prasarana untuk meningkatkan proses pembelajaran di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Bondowoso disesuaikan dengan tujuan yang akan dicapai dan kesesuaian antar media yang akan digunakan dan materi yang akan dibahas dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 11 Apr 2022 08:05
Last Modified: 11 Apr 2022 08:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5418

Actions (login required)

View Item View Item