INOVASI GURU AKIDAH AKHLAQ DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN UNTUK MENGHADAPI ERA REVOLUSI 4.0 DI MA NURUL IMAN SUKOJATI BANYUWANGI

Aditiyatama, Muhamad (2021) INOVASI GURU AKIDAH AKHLAQ DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN UNTUK MENGHADAPI ERA REVOLUSI 4.0 DI MA NURUL IMAN SUKOJATI BANYUWANGI. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhamad Aditiyatama_T20171291.pdf

Download (1MB)

Abstract

Muhamad Aditiyatama, 2021: “Inovasi Guru Akidah Akhlaq Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Untuk Menghadapi Era Revolusi 4.0 di MA Nurul Iman Sukojati Banyuwangi”.

Revolusi era 4.0 telah menyusup pada berbagai bidang terutama pada bidang Pendidikan. Problem-problematika yang sering dialami lembaga pendidikan formal,dizaman 4.0 ini dan diera digital sangatlah berat, apalagi pendidikan formal yang berbasis islami. Untuk itu Guru memiliki diharapkan membuat gerekan-gerakan inovasi baru dalam mencetak generasi bangsa yang baik sesuai tuntutan zaman.
Fokus penelitian yang diteliti pada sikripsi ini adalah: 1) Bagaimana inovasi perencanaan pembelajaran guru akidah akhlaq dalam menghadapi era 4.0 di MA Nurul Iman Sukojati Banyuwangi, 2) Bagaimana inovasi pelaksanan pembelajaran guru akidah akhlaq dalam menghadapi era revolusi 4.0 di MA Nurul Iman Sukojati Banyuwangi, 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran guru akidah akhlaq dalam menghadapi era revolusi 4.0 di MA Nurul Iman Sukojati Sukojati Banyuwangi.
Tujuan penelitian ini 1) Mendiskripsikan inovasi perencanaan pembelajaran guru akidah akhlaq dalam menghadapi era 4.0 di MA Nurul Iman Sukojati Sukojati Banyuwangi. 2) Mendeskripsikan inovasi pelaksanaan pembelajaraan guru Akidah Akhlaq dalam menghadapi era 4.0 di MA Nurul Iman Sukojati Sukojati Banyuwangi. 3)Mendeskripsikan inovasi evaluasi pembelajaran guru akidah akhlaq untuk mengadapi era revolusi 4.0 di MA Nurul Iman Sukojati Banyuwangi
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pemilihan subyek penelitian purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga yaitu: obervasi, dokumentasi dan wawancara. Serta keabsahan datanya menggunakan triangulasi yaitu: triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini dapat disimplkan bahwa: 1) Inovasi Perencanaani pembelajaran di MA Nurul Iman Sukojati Banyuwangi menggunakan kurikulum 2013 yang disusun rapi sesuai konteks pembelajaran unuk mencapai tujuan pembelajaran. 2) Inovasi Pelaksanaan pembelajaran guru akidah akhlaq dalam menghadapi era revolusi 4.0 di MA Nurul Iman menggunakan metode yang variatif serta dalam penggunaan media pembelajaran mnggunakan lab computer 3)Inovasi evaluasi pembelajaran guru akidah akhlaq dalam menghadapi era revolusi 4.0 di MA Nurul Iman Pemberian soal yang bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa dalam materi yang telah disampaikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan Muhamad Aditiyatama
Date Deposited: 13 Apr 2022 01:19
Last Modified: 13 Apr 2022 01:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5429

Actions (login required)

View Item View Item