Aula Alfa Shabrina, Sutrisno (2021) "Internalisasi Nilai-nilai Keagamaan Melalui Program Pembiasaan Pagi di SMP Al-Furqan Jember”. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
Aula Alfa Shabrina Sutrisno_T20171029.pdf Download (5MB) |
Abstract
Aula Alfa Shabrina Sutrisno, 2021: “Internalisasi Nilai-nilai Keagamaan Melalui Program Pembiasaan Pagi di SMP Al-Furqan Jember”. Kata Kunci: internalisasi, nilai-nilai keagamaan, program pembiasaan pagi Pendidikan agama Islam merupakan suatu pendidikan nilai, karena dalam pendidikan agama Islam lebih banyak menonjolkan aspek nilai, baik itu nilai ketuhanan maupun nilai kemanusiaan, yang hendak ditanamkan atau ditumbuh kembangkan ke dalam diri peserta didik sehingga dapat melekat pada dirinya dan menjadi kepribadiannya. Proses internalisasi nilai keagamaan menjadi sangat penting bagi peserta didik untuk dapat mengamalkan dan mentaati ajaran dan nilai-nilai agama dalam kehidupannya. Fokus penelitian ini adalah: (1) apa nilai-nilai keagamaan yang diinternalisasikan melalui program pembiasaan pagi di SMP Al-Furqan Jember, (2) mengapa nilai-nilai keagamaan tersebut diinternalisasikan melalui program pembiasaan pagi di SMP Al-Furqan Jember, dan (3) bagaimana proses pelaksanaan internalisasi nilai-nilai keagamaan melalui program pembiasaan di SMP Al-Furqan Jember. Tujuan dari penelitian ini (1) mendeskripsikan nilai-nilai keagamaan yang diinternalisasikan melalui program pembiasaan pagi di SMP Al-Furqan Jember, (2) mendeskripsikan alasan nilai-nilai keagamaan tersebut diinternalisasikan melalui program pembiasaan pagi di SMP Al-Furqan Jember, dan (3) mendeskripsikan proses pelaksanaan program pembiasaan pagi dalam menginternalisasikan nilai-nilai keagamaan di SMP Al-Furqan Jember Adapun pendekatan penelitian dalam skripsi ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian adalah SMP Al-Furqan Jember. Metode pengambilan subyek penelitian menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yakni, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Sesuai dengan hasil analisis, maka dalam proses internalisasi nilai-nilai keagamaan melalui program pembiasaan pagi di SMP Al-furqan Jember adalah, (1) nilai nilai yang diinternalisasikan melalui program pembiasaan pagi di SMP Al- Furqan Jember yaitu nilai keikhlasan, kesabaran, nilai amanah, nilai kesopanan, dan nilai keistiqomahan, (2) alasan nilai-nilai keagamaan tersebut diinternalisasikan melalui program pembiasaan pagi di SMP Al-Furqan Jember karena nilai-nilai tersebut merupakan nilai-nilai dasar dalam agama Islam sehingga diharapkan para siswa terbiasa melakukan kegiatan pembiasaan dan nilai-nilai tersebut, baik saat di sekolah, di rumah atau di luar lingkungan sekolah, (3) proses pelaksanaan internalisasi nilai-nilai keagamaan melalui program pembiasaan pagi di SMP Al- Furqan Jember dilakukan melalui tahap transformasi nilai, tahap transaksi nilai, dan tahap transinternalisasi nilai melalui kegiatan yang diterapkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad fredi afan |
Date Deposited: | 14 Apr 2022 07:20 |
Last Modified: | 14 Apr 2022 07:20 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5520 |
Actions (login required)
View Item |