Muhamad Fahreza, Imani (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Bantuan Aplikasi Lectora Inspire Pada Materi Saraf Untuk Siswa Kelas XI MIPA MAN 1 Mojokerto. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Biologi.
Text
Muhamad Fahreza Imani_T20178065.pdf Download (13MB) |
Abstract
Muhamad Fahreza Imani, 2021: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Bantuan Aplikasi Lectora Inspire Pada Materi Saraf Untuk Siswa Kelas XI MIPA MAN 1 Mojokerto Kata kunci: media pembelajaran interaktif, lectora inspire, materi saraf Media pembelajaran interaktif dengan bantuan aplikasi lectora inspire merupakan alat pembelajaran. Hal ini juga bertujuan untuk mempermudah dalam penyampaian materi saraf, yang mana materi saraf merupakan materi yang sulit dijelaskan karena penjelasannya yang rumit dan kompleks. Penggunaan aplikasi lain selain lectora inspire pada materi saraf ini seperti powerpoint, whatsapp group, google classroom. dinilai masih belum bisa menjelaskan materi saraf karena dinilai siswa aplikasi tersebut membosankan untuk dibuat media pembelajaran. Siswa lebih menyukai media pembelajaran yang menarik, interaktif, mudah dijalankan dalam pembelajaran biologi materi saraf Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimana kevalidan media pembelajaran interaktif dengan bantuan aplikasi lectora inspire pada materi materi saraf untuk siswa kelas XI MAN 1 Mojokerto? 2) bagaimanaa respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif dengan bantuan aplikasi lectora inspire pada materi materi Saraf untuk siswa kelas XI MAN 1 Mojokerto? Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan kevalidan media pembelajaran interaktif dengan bantuan aplikasi lectora inspire pada materi saraf untuk siswa kelas XI MAN 1 Mojokerto. 2) mendeskripsikan respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif dengan bantuan aplikasi lectora inspire pada materi Saraf untuk siswa kelas XI MAN 1 Mojokerto. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (dissiminate). Penelitian ini melibatkan 2 orang dosen FTIK Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember untuk validasi materi, 2 orang dosen FTIK Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq untuk validasi media, dan 1 orang guru biologi MAN 1 Mojokerto sebagai validator praktisi. Adapun uji respon melibatkan 10 orang siswa. Data validasi diperoleh kuisioner atau angket validasi dari para ahli, dan data hasil respon siswa diperoleh dari kuisioner atau anget yang telah disebarkan kepada siswa. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) bahwa media pembelajaran interaktif dengan bantuan lectora inspire pada materi saraf ini memenuhi kriteria sangat valid persentase tingkat kevalidan 86% dari validator ahli materi. Kemudian mendapat persentase tingkat kevalidan 89% dari validator ahli media. Dari validator ahli praktisi mendapatkan persentase tingkat kevalidan 96%. Sehingga media ini layak digunakan.2) pada uji respon siswa terhadap media yang dikembangkan mendapatkan kategori sangat baik dengan hasil persentase 87% dengan rata-rata skor 4,3.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad fredi afan |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 04:00 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 04:00 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5559 |
Actions (login required)
View Item |