Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Al-Qur’an melalui Seni Kaligrafi Kolase di Musholla Al-Hikmah Curah Rejo Jember.

ALVI MAULIDATUL MAGHFIROH, - (2021) Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Al-Qur’an melalui Seni Kaligrafi Kolase di Musholla Al-Hikmah Curah Rejo Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
ALVI MAULIDATUL MAGHFIROH_T20161220.pdf

Download (12MB)

Abstract

Alvi Maulidatul Maghfiroh, 2021: Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Al-Qur’an melalui Seni Kaligrafi Kolase di Musholla Al-Hikmah Curah Rejo Jember. Kata Kunci: Motivasi belajar, Kaligrafi Dalam menuliskan kaligrafi, secara tidak langsung santri harus membaca sebelum menulis huruf-huruf hijaiyah dengan benar, oleh karena itu pembelajaran kaligrafi bermanfaat dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an terutama membaca dan menulis. Pada proses pembelajaran kaligrafi di musholla AlHikmah Curah Rejo Jember ini santri masih banyak yang mengalami kesulitan dalam membaca maupun menulis dikarenakan pembelajarannya berbeda dengan pembelajaran pada umumnya, dari cara menulis, bentuk huruf dan juga pelafalan hurufnya. Fokus yang diteliti adalah : 1) Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an melalui seni kaligrafi kolase di musholla Al-Hikmah Curah Rejo Jember 2) Peningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an santri melalui seni kaligrafi kolase di musholla Al-Hikmah Curah Rejo Jember Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Quran melalui seni kaligrafi kolase dan mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung dalam peningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an melalui seni kaligrafi kolase di musholla Al-Hikmah Curah Rejo Jember. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian melibatkan: Guru kaligrafi kolase, guru Al-Qur’an, guru Iqro’, dan santri. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi pasif, wawancara dan kajian dokumen. Analisis data menggunakan kualitatif field research yang terdiri dari tiga alur kegiatan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Dalam keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an ialah: pembelajaran secara langsung yaitu praktek membaca dan menulis kaligrafi sesuai kaidah huruf Al-Qur’an, memberikan arahan agar santri lebih semangat dalam belajar, memberikan tugas individu dan tugas kelompok, memberikan apresiasi kepada santri, memberikan hukuman kepada santri, memberikan penilaian pada hasil belajar santri, menciptakan hubungan baik dengan wali santri. 2) Peningkatan motivasi belajar Al-Qur’an santri melalui seni kaligrafi kolse ialah: Membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah tajwid, panjang pendek dan mahorijul huruf. Santri yang lancar di tandai oleh paraf guru dan tanggal lulus. Menghafal jus ‘amma 10 ayat setiap pertemuan. Santri yang sudah setoran di tandai dengan paraf guru. Penilaian hasil menulis kaligrafi di tandai dengan angka dan komentar agar santri mengetahui kesalahannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 18 Apr 2022 04:06
Last Modified: 18 Apr 2022 04:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5565

Actions (login required)

View Item View Item