Peningkatan Kesadaran Anti-Bullying Melalui Teknik Sosiodrama pada Siswa Kelas VIII-H Di Sekolah Mengengah Perama Negeri 1 Jenggawah Jember.

WIDYASRI NUR, - (2021) Peningkatan Kesadaran Anti-Bullying Melalui Teknik Sosiodrama pada Siswa Kelas VIII-H Di Sekolah Mengengah Perama Negeri 1 Jenggawah Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendidikan Islam Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
WIDYASRI NUR_T20171150.pdf

Download (8MB)

Abstract

Widyasri Nur, T20171150, 2021: Peningkatan Kesadaran Anti-Bullying Melalui Teknik Sosiodrama pada Siswa Kelas VIII-H Di Sekolah Mengengah Perama Negeri 1 Jenggawah Jember. Kata Kunci ; Kesadaran Anti Bullying, Sosiodrama Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas VIII-H SMPN 1 Jenggawah yang dilatarbelakangi observasi awal yang menunjukan kenyataannnya kesadaran antiBullying sangat rendah, banyak yang tidak memiliki rasa empati atau memperdulikan teman yang dibully sesuai dari pernyataan salah satu anak siswa yang menceritakan ada sebuah permasalahan di antara junior dan senior mengenai kasus pemalakan yang sering terjadi disekolahnya. Fokus Penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana meningkatkan kesadaran anti-Bullying secara fisik pada siswa kelas VII-H di SMPN 1 Jenggawah Jember ? 2) Bagaimana meningkatkan kesadaran anti- Bullying secara verbal pada siswa kelas VIII-H di SMPN 1 Jenggawah Jember? 3) Bagaimana meningkatkan kesadaran anti- Bullying secara Relasional pada siswa kelas VIII-H di SMPN 1 Jenggawah Jember? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui peningkatan kesadaran antiBullying secara fisik pada siswa kelas VIII-H di SMPN 1 Jenggawah Jember 2) Untuk mengetahui peningkatan kesadaran anti- Bullying secara verbal pada siswa kelas VIII-H di SMPN 1 Jenggawah Jember 3) Untuk mengetahui peningkatan kesadaran anti- Bullying secara Relasional pada siswa kelas VIII-H di SMPN 1 Jenggawah Jember. Metode dalam penelitian ini adalah pendekatan Kualitatif Deskriptif dengan jenis peneltian Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek penelitian siswa kelas VIIH SMPN 1 Jenggawah Jember berjumlah 32 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus secara kolaborasi antara peneliti dan guru BK yang dimana siklus pertama meliputi 1 tindakan dalam 1 pertemuan dan siklus 2 meliputi 2 tindakan dalam 2 pertemuan. Penelitian ini memperoleh hasil dan kesimpulan ; 1) Peningkatan secara bertahap kesadaran Anti-bullying secara fisik, dilakukan bertahap dari siklus I hingga ke Siklus II Mendapatkan peningkatan lebih besar jika bermain peran dibanding tidak bermain peran. 2) Peningkatan secara bertahap kesadaran Antibullying secara verbal dilakukan bertahap dari siklus I hingga ke Siklus II Mendapatkan peningkatan lebih besar jika bermain peran dibanding tidak bermain peran. 3) Peningkatan secara bertahap kesadaran Anti- bullying secara rasional, dilakukan bertahap dari siklus I hingga ke Siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 18 Apr 2022 04:06
Last Modified: 18 Apr 2022 04:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5567

Actions (login required)

View Item View Item