Arifatul Hasanah, - (2020) Implementasi Kurikulum IPS Berbasis MGMP di SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial.
Text
Arifatul Hasanah_T20169033.pdf Download (5MB) |
Abstract
Arifatul Hasanah, 2020: Implementasi Kurikulum IPS Berbasis MGMP di SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun pelajaran 2019/2020. Kata kunci : Kurikulum IPS, MGMP Kurikulum merupakan salah satu komponen penting dalam pendidikan, karena kurikulum merupakan komponen pendidikan yang dijadikan acuan oleh satuan pendidikan, baik oleh pengelola maupun oleh penyelenggara, khususnya oleh guru dan kepala sekolah. Untuk meningkatkan kualitas kurikulum agar tercapainya tujuan pendidikan maka menteri pendidikan telah merancangkan gerakan peningkatan mutu pendidikan dengan diberlakunya otonomi pendidikan untuk meningkatkan peran aktif guru mata pelajaran khususnya pada mata pelajaran IPS ini. MGMP IPS merupakan salah satu wadah bagi guru mata pelajaran IPS untuk meningkatkan kualitas dan sebagai tempat mengkomunikasikan upaya m eningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran IPS. Berdasarkan latar belakang masalah yang dikemukakan di atas, maka peneliti mengambil tiga fokus penelitian pokok yang akan diteliti yakni 1) Bagaimana perencanaan kurikulum IPS berbasis MGMP di SMP Plus Darus Sholah Tahun Pelajaran 2019/2020, 2) Bagaimana pelaksanaan kurikulum IPS berbasis MGMP di SMP Plus Darus Sholah T ahun Pelajaran 2019/2020, 3) Bagaimana evaluasi kurikulum IPS berbasis MGMP di SMP Plus Darus Sholah Tahun Pelajaran 2019/2020 Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan kurikulum IPS berbasis MGMP di SMP Plus Darus Sholah Tahun Pelajaran 2019/2020, 2) Mendeskripsikan pelaksanaan kurikulum IPS berbasis MGMP di SMP Plus Darus Sholah T ahun Pelajaran 2019/2020, 3) Mendeskripsikan evaluasi kurikulum IPS berbasis MGMP di SMP Plus D arus Sholah Tahun Pelajaran 2019/2020 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber . Hasil analisis data lapangan penelitian ini adalah: 1) Perencanaan kurikulum IPS berbasis MGMP ini membantu guru dalam menyiapkan pelaksanaan pembelajaran seperti pembuatan perangkat pembelajaran yang meliputi rincian pekan efektif, prota, promes, silabus dan RPP, 2) Pelaksanaan kurikulum IPS berbasis MGMP ini dalam pembelajaran memiliki tahap penyusunan yaitu pendahuluan, kegiatan inti dan evaluasi pembelajaran. 3) Evaluasi kurikulum IPS berbasis MGMP ini yaitu MGMP IPS dapat menyusun dan mengevaluasi perkembangan kemajuan belajar siswa, baik evaluasi berbentuk tulisan maupun non tulis. Untuk evaluasi tulis menggunakan jenis soal Higher Order Thingking Skills (HOTS), Lower Order Thingking Skills (LOTS) maupun medium dan untuk evaluasi non tulis guru bisa menggunakan sikap keterampilan dan keaktifan siswa baik di dalam kelas maupun di luar kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad fredi afan |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 04:07 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 04:07 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5569 |
Actions (login required)
View Item |