Implementasi Model Two Stay Two Stray Dalam Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Di Madrasah Tsanawiyah Al-Amanah Besuki Tahun Pelajaran 2020/2021

Holifatul Munawwaroh, - (2021) Implementasi Model Two Stay Two Stray Dalam Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Di Madrasah Tsanawiyah Al-Amanah Besuki Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Holifatul Munawwaroh_T20171220.pdf

Download (882kB)

Abstract

Holifatul Munawwaroh 2021: Implementasi Model Two Stay Two Stray Dalam Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Di Madrasah Tsanawiyah Al-Amanah Besuki Tahun Pelajaran 2020/2021 Kata kunci: Model Pembelajaran Two Stay Two Stray, Al-Qur’an Hadist Keberhasilan Penerapan model pembelajaran yang sebagian besar terletak pada kinerja guru sebagai salah satu faktor utama dalam kegiatan pembelajaran dikelas. Penerapan model pembelajaran perlu disiapkan dengan matang, dimana model pembelajaran memunculkan model Two Stay Two Stray yang harus diterapkan oleh guru- guru dalam pembelajaran. Pada kenyataannya tidak semua guru paham betul dengan model Two Stay Two Stray. model Two Stay Two Stray mencakup pengembangan ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan untuk setiap satuan pendidikan. Implementasi model Two Stay Two Stray sangat menentukan keberadaan ketiga aspek kompetensi pada peserta didik. Fokus dari penelitian ini adalah 1) Bagaimana Perencanaan Model Two Stay Two Stray Dalam Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Di Madrasah Tsanawiyah Al-Amanah Besuki Tahun Pelajaran 2020/2021. 2) Bagaimana Pelaksanaan Model Two Stay Two Stray Dalam Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Di Madrasah Tsanawiyah Al-Amanah Besuki Tahun Pelajaran 2020/2021. 3) Bagaiman evaluasi Model Two Stay Two Stray Dalam Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Di Madrasah Tsanawiyah Al-Amanah Besuki Tahun Pelajaran 2020/2021. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah lapangan karena peneliti mengumpulkan data di lapangan, (yaitu di Sekolah Madrasah Tsanawiyah Al-Amanah Besuki. Informan dari penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa siswi kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-Amanah Besuki). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dari model Miles dan Huberman dengan langkah-langkah 1)kondensasi data, 2) data display (penyajian data), 3) conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan /verifikasi).Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam pembelajaran Al-Qur’an hadis dengan menggunakan model Two Stay Two Stray pada tahap: 1. Perencanaan Model Two Stay Two Stray Dalam Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Di Madrasah Tsanawiyah Al-Amanah Besuki Tahun Pelajaran 2020/2021 sebelum mengajar yakni guru menyiapkan RPP dan sumber belajar 2. Pelaksanaan Model Two Stay Two Stray Dalam Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Di Madrasah Tsanawiyah Al-Amanah Besuki Tahun Pelajaran 2020/2021 yang dilakukan oleh guru yaitu sudah menerapkan langkah-langkah Model Two Stay Two Stray yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. 3. Evaluasi Model Two Stay Two Stray Dalam Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Di Madrasah Tsanawiyah Al-Amanah Besuki Tahun Pelajaran 2020/2021 yang dilakukan oleh guru adalah dengan cara merenung atas Pelaksanaan Model Two Stay Two Stray dengan melihat secara langsung melalui keaktifan siswa dalam pembelajaran dan melalui evaluasi hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 19 Apr 2022 04:45
Last Modified: 19 Apr 2022 04:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5584

Actions (login required)

View Item View Item