Manajemen Strategi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Mutu PesertaDidik Melalui 3 Kegiatan Diniyah Di Pondok Pesantren Darul Lughah Walkaromah (Dwk), Sidomukti Kraksaan Probolinggo.

Uswatun Hasanah, - (2021) Manajemen Strategi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Mutu PesertaDidik Melalui 3 Kegiatan Diniyah Di Pondok Pesantren Darul Lughah Walkaromah (Dwk), Sidomukti Kraksaan Probolinggo. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Kependidikan Islam Program Studi Manajemen Pendidikan Islam.

[img] Text
Uswatun Hasanah_T20173079.pdf

Download (2MB)

Abstract

Uswatun Hasanah, 2021: Manajemen Strategi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Mutu PesertaDidik Melalui 3 Kegiatan Diniyah Di Pondok Pesantren Darul Lughah Walkaromah (Dwk), Sidomukti Kraksaan Probolinggo. Kata Kunci: Manajemen Strategi Pembelajaran, Mutu Peserta Didik, 3 Kegiatan Diniyah. Mutu memang sangat diperlukan Dalam sebuah Lembaga, baik itu menyangkut sarana danprasarana maupun menyangkut peserta didik dalam lembaga tersebut. peserta didik dalam sebuahlembaga memang ditekankan untuk bermutu agar dapat mencetak output yang berkualitas. Karenanyamutu menjadi daya Tarik bagi konsumen untuk produk yang dijual maupun dipromosikan, semakintinggi mutu tersebut semakin besar pula minat konsumen untuk mendapatkan produk itu, dan semakinmaju perusahaan ataupun lembaga tersebut, dengan mutu yang bagus konsumen tidak akanmempermasalahkan dana yang harus dikeluarkan. Fokus masalah yang teliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Perencanaan Strategi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Mutu Peserta Didik Melalui 3 Kegiatan Diniyah Di PondokPesantren Darul Lughah Walkaromah (DWK), Sidomukti Kraksaan Probolinggo? 2) BagaimanaPelaksanaan Strategi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Mutu Peserta Didik Melalui 3 KegiatanDiniyah Di Pondok Pesantren Darul Lughah Walkaromah (DWK), Sidomukti Kraksaan Probolinggo?3) Bagaimana Evaluasi Strategi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Mutu Peserta Didik Melalui 3Kegiatan Diniyah Di Pondok Pesantren Darul Lughah Walkaromah (DWK), Sidomukti KraksaanProbolinggo? Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan Perencanaan Strategi Pembelajaran DalamMeningkatkan Mutu Peserta Didik Melalui 3 Kegiatan Diniyah Di Pondok Pesantren Darul LughahWalkaromah (DWK), Sidomukti Kraksaan Probolinggo. 2) Mendeskripsikan Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Mutu Peserta Didik Melalui 3 Kegiatan Diniyah Di PondokPesantren Darul Lughah Walkaromah (DWK), Sidomukti Kraksaan Probolinggo. 3) MendeskripsikanEvaluasi Strategi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Mutu Peserta Didik Melalui 3 Kegiatan DiniyahDi Pondok Pesantren Darul Lughah Walkaromah (DWK), Sidomukti Kraksaan Probolinggo. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknis pengumpulan data dalam penelitian ini, adalah: observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang digunakan Lexy J Meleong, 1) Reduksi Data 2) Penyajian Data 3) PenarikanKesimpulan. Penelitian ini memperoleh kesimpulan Perencanaan Strategi Pembelajaran Dalam MeningkatkanMutu Peserta Didik Melalui 3 kegiatan Diniyah di Pondok Pesantren Darul Lughah Wal-Karomah(DWK), Mempunyai 3 Perencanaan, 1) Membuat Silabus, 2) Menentukan Kriteria Knaikan Kelas danKelulusan Kelas Madrasah Diniyah, 3) Membuat Program Kerja dan Kegiatan Bagi Penjamin Mutu. Pelaksanaannya yang ada di dalam Madrasah Diniyah Darul lughah Wal-Karomah alah tidakMenggunakan media audi, ataupun audio visual, melainkan hanya menggunakan visual saja, selain itujuga pelaksanaan yang terjadi di Madrasah ini, Pendidik diwajibkan untuk mengikuti pengajian kitabkhusus ustadzah, dan juga selain itu diadakannya insijam, insijam dilaksanakan tidak membatasi siapasaja yang boleh mengikuti kegiatan tersebut. Evaluasinya yakni ada dua langkah yang pertama Dari pengecekan absensi guru atau kehadiran Pendidik dan juga Peserta didik, kemudian yang kedua adalahpengontrolan setiap kelas oleh Kepala Madrasah Diniyah sendiri, Kemudian jika Ada ketidak sesuaiannantinya akan diadakan Mutasi kelas, baik itu untuk Pendidik, maupun untuk Peserta didik sendiri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 20 Apr 2022 02:52
Last Modified: 20 Apr 2022 02:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5615

Actions (login required)

View Item View Item