Problematika Guru dalam Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Khoirot Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020

Miftahul Jannah, - (2021) Problematika Guru dalam Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Khoirot Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
Miftahul Jannah_T20164003.pdf

Download (3MB)

Abstract

Miftahul Jannah, 2021: Problematika Guru dalam Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Khoirot Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020 Problematika merupakan kendala atau permasalahan yang belum dapat dipecahkan sehiggga untuk mencapai suatu tujuan menjadi terhambat dan tidak maksimal. Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Khoirot Banyuwangi masih ada beberapa problem yang dihadapi oleh guru, salah satunya yaitu tentang penilaian. Penilaian merupakan komponen yang sangat penting dalam penyelenggaraan pendidikan. Upaya meningkatkan kualitas pendidikan dapat ditempuh melalui peningkatan kualitas pembelajaran dan kualitas sistem penilaiannya. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana problematika guru dalam penilaian pembelajaran kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Khoirot Banyuwangi?, 2) Apa faktor penyebab terjadinya problematika dalam penilaian pembelajaran kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Khoirot Banyuwangi?, 3) Bagaimana solusi yang dilakukan guru untuk mengatasi problematika dalam penilaian kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Khoirot Banyuwangi?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui problematika guru dalam penilaian pembelajaran kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Khoirot Banyuwangi; 2) Untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya problematika dalam penilaian pembelajaran kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Khoirot Banyuwangi; 3) Untuk mengetahui solusi yang dilakukan guru untuk mengatasi problematika dalam penilaian pembelajaran kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Khoirot Banyuwangi. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitiannya studi kasus. Penentuan subjek menggunakan Purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1) Problematika guru dalam penilaian pembelajaran kurikulum 2013 yaitu ada sebagian guru yang masih kesulitan dalam mengoperasikan laptop sehingga berpengaruh dalam melakukan proses penilaian pembelajaran kurikulum 2013, pemahaman tentang sistem penilaian kurikulum 2013 kurang dan belum sepenuhnya bisa, dan pembelajaran menggunakan tematik namun dalam proses penilaian guru dituntut untuk melakukan penilaian secara terpisah-pisah per mata pelajaran, 2) Faktor penyebab terjadinya problematika dalam penilaian pembelajaran kurikulum 2013 yaitu kurangnya pelatihan tentang kurikulum 2013 dan sistem penilaiannya, siswa yang kurang aktif dalam proses pembelajaran, dan alokasi waktu yang kurang, 3) Solusi yang dilakukan guru untuk mengatasi problematika dalam penilaian pembelajaran kurikulum 2013 yaitu mengadakan pelatihan dan supervisi yang diadakan oleh pihak sekolah, guru dapat menambah wawasan tentang kurikulum 2013 dan sistem penilaiannya bisa melalui internet atau belajar secara individu melalui buku- buku cetakan, mengikuti diklat dan program KKG yang diadakan oleh pemerintah, dan guru harus lebih kreatif dan inovatif dalam menghidupkan suasana belajar siswa agar menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa Kata kunci: Problematika Guru, Penilaian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 20 Apr 2022 02:58
Last Modified: 20 Apr 2022 02:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5629

Actions (login required)

View Item View Item