KHOIRUL ROCHIM, - (2021) Kompetensi Guru Non Sertifikasi Pendidik Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Di Madrasah Aliyah AN-Nur Rambipuji. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
KHOIRUL ROCHIM_T20171353.pdf Download (6MB) |
Abstract
Khoirul Rochim, 2021: Kompetensi Guru Non Sertifikasi Pendidik Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Di Madrasah Aliyah AN-Nur Rambipuji. Kompetensi guru merupakan kemampuan yang harus dimiliki seorang guru dalam menjalankan tugasnya, baik dalam keterampilan, sikap dan apresiasi yang diperlukan dalam menunjang kesuksesan proses pendidikan. Sertifikasi pendidik merupakan salah satu indikator pengakuan profesionalitas pendidik. Oleh karenanya terdapat asumsi bahwa guru yang belum bersertifikasi dianggap belum berkompeten. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana kompetensi pedagogik guru non sertifikasi pendidik dalam peningkatan prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah An-Nur Rambipuji? (2) Bagaimana kompetensi profesional guru non sertifikasi pendidik dalam peningkatan prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah An-Nur Rambipuji?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan kompetensi pedagogik dan (2) mendeskripsikan kompetensi profesional guru non sertifikasi pendidik dalam peningkatan prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah An-Nur Rambipuji. Desain penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus (Case Study). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis model Miles, Huberman dan Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan (1) kompetensi pedagogik guru non sertifikasi, meliputi pengelolaan pembelajaran: perencanaan dalam pembuatan tata tertib sebagai bentuk pendiplinan siswa, agar pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan secara kondusif. pemahaman peserta didik: mampu memahami mengenai karakter siswa dari tingkat kecerdasan dan kondisi fisik yang dialami oleh siswa secara personal. perancangan pembelajaran: menunjukan pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), sebagai bentuk perancangan pembelajaran secara tertulis. pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis: bentuk langkah awal dengan memberikan stimulan materi pembelajaran, dan mempersiapkan pembelajaran dengan diskusi kelompok. pemanfaatan teknologi pembelajaran: pembelajaran masih berupa dalam bentuk konvesional dengan berbasis visual. pengembangan peserta didik: memberikan bimbingan dan konseling mengenai kesulitan siswa dalam belajar. (2) kompetensi profesional, meliputi: materi pelajaran secara luas dan mendalam: mendalami dengan membaca sumber-sumber buku terkait. Konsep atau metode disiplin keilmuan: membiasakan mengikuti pelatihan sebagai peningkatan kualitas dalam pendidikan. Kata Kunci: Guru Non Sertifikasi, Kompetensi pedagogik, Kompetensi profesional
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad iqbal abdilah |
Date Deposited: | 20 Apr 2022 02:59 |
Last Modified: | 20 Apr 2022 02:59 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5635 |
Actions (login required)
View Item |