IZZATUL AFIFAH, - (2020) Implementasi Manajemen Kurikulum Pesantren dalam Mempertahankan Ajaran Islam di Pondok Pesantren Miftahul Ulum AlAzizul Jabbar Pakusari Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam.
Text
IZZATUL AFIFAH_T20163074.pdf Download (14MB) |
Abstract
Izzatul Afifah, 2020 : Implementasi Manajemen Kurikulum Pesantren dalam Mempertahankan Ajaran Islam di Pondok Pesantren Miftahul Ulum AlAzizul Jabbar Pakusari Jember. Kata kunci : Implementasi Manajemen Kurikulum Pesantren, Ajaran Islam. Perkembangan dunia pada abad ke-20 ini sedang meminta dan memerlukan perlindungan spiritual yang kokoh untuk menghadapi ledakan gelombang materialisme dan atheisme. Pendidikan ini bertujuan untuk membina warga negara agar berkepribadian muslim sesuai dengan ajaran-ajaran agama Islam dan menanamkan rasa keagamaan. Pondok Pesantren Miftahul Ulum AlAzizul Jabbar telah mengimplementasikan ajaran-ajaran Islam dengan baik. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana implementasi kurikulum pesantren dalam mempertahankan ajaran Islam “zuhud” di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Al-Azizul Jabbar ?. 2) Bagaimana implementasi kurikulum pesantren dalam mempertahankan ajaran Islam “tawadhu” di Pondok pesantren Miftahul Ulum Al-Azizul Jabbar ?. 3) Bagaimana implementasi kurikulum pesantren dalam mempertahankan ajaran Islam “ikhlas” di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Al-Azizul Jabbar ?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan implementasi manajemen kurikulum pesantren dalam mempertahankan ajaran Islam “Zuhud” di pondok pesantren Miftahul Ulum Al-Azizul Jabbar. 2) Mendeskripsikan implementasi manajemen kurikulum pesantren dalam mempertahankan ajaran Islam “Tawadhu’” di pondok pesantren Miftahul Ulum Al-Azizul Jabbar. 3) Mendeskripsikan implementasi manajemen kurikulum pesantren dalam mempertahankan ajaran Islam “Ikhlas” di pondok pesantren Miftahul Ulum AlAzizul Jabbar. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi,, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Implementasi kurikulum pesantren dalam mempertahankan ajaran Islam zuhud di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Al-Azizul Jabbar melalui pengajaran kitab-kittab salafiyah Fathul Qorib, Min Adabin Nabawi, dan lain-lain, kisah para Nabi, dan dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. 2) Implementasi kurikulum pesantren dalam mempertahankan ajaran Islam tawadhu’di Pondok Pesantren Miftahul Ulum AlAzizul Jabbar dengan menceritakan kisah-kisah para Nabi, sahabat, ulama salafi, dan tentunya melalui kitab-kitab salafi seperti Ta’limul Muta’allim, Akhlakul Lil Banat, Akhlakul Lil Banin. kisah para Nabi, dan dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari 3) Implementasi kurikulum pesantren dalam mempertahankan ajaran Islam ikhlas di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Al-Azizul Jabbar dengan mengajarkan kitab salafi Manhajul Abidin kisah para Nabi, dan dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad iqbal abdilah |
Date Deposited: | 20 Apr 2022 07:09 |
Last Modified: | 20 Apr 2022 07:09 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5639 |
Actions (login required)
View Item |