ABD. RACHMAN, - (2021) Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Tuna Grahita Di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB) – BCD Yayasan Pembinaan Anak Cacat Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Jurusan Pendidikan Islam Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
ABD. RACHMAN_084 141 509.pdf Download (2MB) |
Abstract
Abd. Rachman, 2020: Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Tuna Grahita Di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB) – BCD Yayasan Pembinaan Anak Cacat Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Pendidikan sangat penting untuk setiap manusia, namun bukan hanya pendidikan umum saja yang penting didapatkan oleh manusia melainkan pendidikan agama Islam jauh lebih penting. Setiap manusia yang lahir berhak mendapatkan pendidikan bukan hanya untuk anak normal saja melainkan anak yang terlahir cacat atau biasa disebut anak berkebutuhan khusus. Salah satunya penyandang Tunagrahita dimana mereka memiliki kelainan pada IQ yang berada dibawah normal. Implementasi pembelajaran pendidikan Agama Islam pada siswa tunagrahita yang memiliki keterbatasan mental akan berbeda dengan implementasi pembelajaran pendidikan Agama Islam pada siswa pada umumnya. Hambatan-hambatan yang terjadi juga akan berbeda. Lembaga atau sekolah yang dikhususkan untuk anak berkebutuhan khusus disebut sekolah luar biasa. Tidak berbeda dengan lembaga lainnya, di sekolah luar biasa juga terdapat problematika yang dihadapi, baik problematika yang berasal dari siswa, guru maupun sarana dan prasarana. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran pendidikan Agama Islam pada siswa tunagrahita di SMPLB – BCD YPAC Kaliwates Jember? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan Agama Islam pada siswa tunagrahita di SMPLB – BCD YPAC Kaliwates Jember? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran pendidikan Agama Islam pada siswa tunagrahita di SMPLB – BCD YPAC Kaliwates Jember? (4) Apa saja faktor penghambat dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam pada siswa tunagrahita di SMPLB – BCD YPAC Kaliwates Jember?. Tujuan Penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran pendidikan Agama Islam bagi siswa tunagrahita di SMPLB – BCD YPAC Kaliwates Jember? (2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran pendidikan Agama Islam bagi siswa tunagrahita di SMPLB – BCD YPAC Kaliwates Jember? (3) untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran pendidikan Agama Islam bagi siswa tunagrahita di SMPLB – BCD YPAC Kaliwates Jember? (4) untuk mendeskripsikan apa saja faktor penghambat dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam bagi siswa tunagrahita di SMPLB – BCD YPAC Kaliwates Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penentuan subyek penelitian menggunakan purposive disertai sumber data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dari Miles, Hubberman and Johny Saldana meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan verifikasi/kesimpulan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan : (1) perencanaan pembelajaran pendidikan Agama Islam bagi siswa tuna grahita di SMPLB – BCD YPAC Kaliwates Jember, yakni Guru menggunakan RPP KTSP dimana RPP yang digunakan dibawah tingkat siswa misal kelas VII memakai RPP kelas V/VI SD, kemudian menyederhanakan dengan disesuaikan dengan kemampuan siswa tersebut (2) pelakasaan pembelajaran pendidikan Agama Islam pada siswa tunagrahita di
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad iqbal abdilah |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 01:56 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 01:56 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5647 |
Actions (login required)
View Item |