HELYATUS SA’ADAH, - (2021) “Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SLB Cahaya Putih Kalibaru Banyuwangi”. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
HELYATUS SA’ADAH_T20161017.pdf Download (12MB) |
Abstract
Helyatus Sa’adah, 2021 “Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SLB Cahaya Putih Kalibaru Banyuwangi” Kata Kunci : Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Anak Berkebutuhan Khusus (ABK Penelitian ini membahas tentang pendidikan anak berkebutuhan khusus dalam implementasi pembelajaran pendidikan agama islam. Namun pada penelitian ini lebih fokus pada pendidikan khusus anak Tunawicara dan membahas mengenai bagaimana anak – anak tunawicara belajar, karena salah satu organ tubuh yang sangat berperan paling penting dalam proses pembelajaran tidak dapat mereka gunakan dengan sebaik mungkin. Mereka harus menggunakan cara lain agar tetap bisa berkomunikasi dengan orang lain. Fokus penelitian yang dikaji dalam penelitian ini adalah sebagai berikut, 1) Bagaimana implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus di SLB Cahaya Putih Kalibaru Banyuwangi?; 2) Apa saja faktor penghambat Implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak berkebutuhsn khusus (ABK) di SLB Cahaya putih Kalibaru Banyuwangi?; 3) Apa saja faktor pendukung Implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak berkebutuhsn khusus (ABK) di SLB Cahaya putih Kalibaru Banyuwangi?, Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan bagaimana Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus bagi (ABK) di SLB Cahaya Putih Kalibaru Banyuwangi; 2) Mendeskripsikan faktor penghambat Implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak berkebutuhsn khusus (ABK) di SLB Cahaya putih Kalibaru Banyuwangi; 3) Mendeskripsikan faktor pendukung Implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak berkebutuhsn khusus (ABK) di SLB Cahaya putih Kalibaru Banyuwangi. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis datanya bersifat deskriptif kualitatif yaitu kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) implementasi pembelajaran pendidikan agama islam bagi anak berkebutuhan khusus, khususnya anak Tuna Wicara dalam proses pembelajarannya, metode yang digunakan yaitu metode demonstrasi dan ceramah dengan menggunakan bahasa komunikasi isyarat SIBI (Sistem Isyarat Bahasa Indonesia) dan media yang digunakan guru lebih mementingkan adanya ketersediaan gambar dalam proses pembelajaran contohnya seperti gambar tata cara berwudu, tujuannya agar siswa dapat melakukan cara berwudu dengan benar dan juga agar anak Tunawicara tersebut dapat memahaminya; 2) faktor penghambat implementasi pembelajaran pendidikan agama islam bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) khususnya pada anak Tuna Wicara di SLB Cahaya Putih Kalibaru yaitu terdiri atas (a) faktor internal, salah satu contohnya meliputi; Kurangnya fokus pada saat proses pembelajaran. (b) faktor eksternal; Kurangnya tenaga pengajar yang memiliki basic dalam pendidikan agama islam. 3) faktor pendukung, meliputi (a) faktor internal: Kerja sama antara sesama guru yang ada di SLB Cahaya Putih Kalibaru untuk selalu memotivasi siswa – siswi agar selalu giat dan semangat belajar. (b) faktor eksternal; Semangat orang tua dan keluarga yang selalu mendukung anaknya bersekolah di SLB Cahaya Putih Kalibaru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad iqbal abdilah |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 01:56 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 01:56 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5650 |
Actions (login required)
View Item |