Imro’atul Khasanah, - (2021) : Pengembangan Modul Digital Sebagai Bahan Ajar Biologi Untuk Siswa Kelas XI IPA Di MAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Progam Studi Tadris Biologi.
Text
Imro’atul Khasanah_T20168018.pdf Download (15MB) |
Abstract
Imro’atul Khasanah, 2021: Pengembangan Modul Digital Sebagai Bahan Ajar Biologi Untuk Siswa Kelas XI IPA Di MAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata Kunci : Modul Digital, Bahan Ajar Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yag digunakan untuk membantu guru atau instruktur dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas. Dalam kegiatan pembelajaran, bahan ajar merupakan hal yang penting bagi pendidik dan peserta didik. Pendidik akan mendapat kesulitan dalam meningkatkan kualitas pembelajaranya jika tanpa disertai dalam bahan ajar yang lengkap. Begitupun dengan peserta didik, tanpa bahan ajar peserta didik akan mendapat kesulitan dalam belajarnya. Bahan ajar pada dasarnya memiliki beberapa peran baik bagi pendidik, peserta didik dan pada kegiatan pembelajaran. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana mengembangkan modul digital sebagai bahan ajar biologi untuk siswa kelas XI di MAN 2 Jember tahun pelajaran 2019/2020? dan 2) Bagaimana kevalidan modul digital sebagai bahan ajar biologi untuk siswa kelas XI di MAN 2 Jember tahun pelajaran 2019/2020?. Adapun tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mendeskripsikan mengembangkan modul digital sebagai bahan ajar biologi untuk siswa kelas XI di MAN 2 Jember tahun pelajaran 2019/2020 dan mendeskripsikan kevalidan modul digital sebagai bahan ajar biologi untuk siswa kelas XI di MAN 2 Jember tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Langkah-langkah penelitian dan pengembangan berpedoman pada model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahapan pertama yang dilakukan adalah analisis (Analysis). Dalam tahap terdiri analisis kebutuhan, dan identifikasi masalah. Tahap kedua yang dilakukan adalah perancangan (Design). Tahap ini terdiri dari tahap perumusan tujuan pembelajaran, perencanaan penyajian materi penyusunan desain pada modul dan perancangan instrumen. Tahap ketiga adalah pengembangan (Development). Akan tetapi penelitian ini hanya sampai tahap Development karena keterbatasan waktu, biaya yang dimiliki oleh peneliti, serta kondisi yang berada dalam situasi pandemi Covid-19. Dalam tahap ini dilakukan penilaian oleh para ahli. Dari penilaian tersebut diperoleh penilaian kevalidan dari modul digital. Tahap penilaian melibatkan 5 validator yaitu 2 ahli materi, 2 ahli media dan 1 ahli desain pembelajaran. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket validasi. Data yang diperoleh akan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis data, hasil validasi dari ahli materi sebesar 97,35%, ahli media sebesar 89%, ahli desain pembelajaran sebesar 80,5%, berdasarkan kriteria validitas yang digunakan bahwa nilai tersebut dikategorikan sangat valid, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar modul digital sangat valid.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad iqbal abdilah |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 01:57 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 01:57 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5651 |
Actions (login required)
View Item |