Dayu Virlita, - (2021) “Strategi Guru Keliling (Guling) dalam PembelajaranTematik Kelas 1A Sekolah Dasar Negeri Suco 02 Mumbulsari Jember Tahun Pelajaran 2020/2021”. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
Text
Dayu Virlita_T20174083.pdf Download (11MB) |
Abstract
Dayu Virlita, 2021: “Strategi Guru Keliling (Guling) dalam PembelajaranTematik Kelas 1A Sekolah Dasar Negeri Suco 02 Mumbulsari Jember Tahun Pelajaran 2020/2021” Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia memiliki dampak yang signifikan terhadap lembaga pendidikan di Indonesia, khususnya di lembaga pendidikan dasar yang ada di Kabupaten Jember. Proses pembelajaran dengan Strategi Guru Keliling (Guling) adalah inovasi baru di dunia pendidikan, hal ini dilatarbelakangi karena di daerah Mumbulsari Jember, sinyal komunikasi masih sulit, alat komunikasi yang tidak mendukung dan SDM khususnya orang tua siswa masih rendah. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1). Bagaimana perencanaan guru keliling dalam pembelajaran tematik kelas 1A SDN Suco 02 Mumbulsari 2020/2021?; 2). Bagaimana pelaksanaan strategi guru keliling dalam pembelajaran tematik kelas 1A SDN Suco 02 Mumbulsari 2020/2021?; 3). Bagaimana evaluasi guru keliling dalam pembelajaran tematik kelas 1A SDN Suco 02 Mumbulsari 2020/2021?. Adapun tujuannya: 1). Untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi strategi guru keliling (guling) di SDN Suco 02 Mumbulsari Jember. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif Deskriptif. Dengan jenis penelitian study kasus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis datanya menggunakan analisi model Miles Huberman dan Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian dalam strategi guru keliling (guling) pembelajaran tematik kelas 1A di SDN Suco 02 meliputi: 1). Perencaannya yaitu: a). Strategi guru keliling ini dimulai pada masa pandemi sejak tahun ajaran baru yang dimulai pada 20 Juli 2020; b). Strategi guru keliling ini dilatar belakangi oleh kesulitan sinyal, tidak ada fasilitas dan alat yang mendukung kegiatan daring, dan sumber daya manusia yang rendah; c). Hal pertama yang dilakukan kepala sekolah adalah mensurvei permintaan dan harapan orang tua dengan memberikan surat edaran kepada wali murid; d). Kepala sekolah melakukan koordinasi dan rapat khusus bersama dewan guru untuk membuat startegi guru keliling; e). Hasil rapat diwujudkan dalam surat edaran yang ditujukan kepada orang tua wali murid sebagai bentuk persetujuan kegiatan guru keliling; f). Guru menyiapkan program tahunan, program semester dan jadwal guru keliling; g). Guru menyusun pemetaan Kompetensi Dasar untuk membuat RPP khusus yang di dalamnya terdapat strategi guru keliling; h). Guru menyiapkan format laporan BDR sebagai bahan evaluasi diakhir pembelajaran. 2). Pelaksanaannya yaitu: a). Kegiatan guru keliling dilaksanakan oleh masing-masing guru kelas, khususnya kelas 1A sejak bulan Juli 2020; b). Pelaksanaan strategi guling ini dilaksanakan setiap hari Senin dan Rabu pada pukul 08.00-10.30, jadwal guru keliling bisa berubah sewaktu-waktu, melihat digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id x situasi dan kondisi; c). Guru menggunakan metode konstruktivistik dengan pendekatan inkuiri; d). Media pendukung yang digunakan berupa buku guru dan buku siswa tematik terpadu kelas 1 dan print out gambar dari internet; e). Pelaksanaan pembelajarannya sama dengan KBM pada umumnya, yaitu persiapan kegiatan guru keliling, kegiatan pembuka berupa doa, ice breaking dan review materi dipertemuan yang lalu, kegiatan inti penjelasan materi dan kegiatan akhir berupa pertanyaan dan penugasan; f). Pembelajaran dengan strategi ini dilaksanakan keliling di 3 rumah yang menjadi lokasi kelompok belajar yaitu rumah Fiko, rumah Aqila dan Rumah Alvia. 3). Evaluasinya yaitu: a). Evaluasi guru keliling meliputi hambatan dan laporan Belajar dari rumah; b). Evaluasi hasil pembelajarannya yaitu meliputi: i). Evaluasi pada setiap akhir pertemuan yaitu berupa pertanyaan-pertanyaan langsung dan quiz pada akhir pembelajaran; ii). Evaluasi formatif pada setiap akhir bab berupa tes tulis dalam bentuk worksheet dari buku tematik kelas 1 dan non-tes dalam bentuk pernyataan secara langsung yang diberikan guru; iii). Terdapat 3 ranah penilaian yang digunakan yaitu aspek pengetahuan (kognitif), aspek keterampilan (psikomotorik) dan aspek sikap (afektif).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad iqbal abdilah |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 03:52 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 03:52 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5678 |
Actions (login required)
View Item |