Nauval Amin, Mahmud (2021) Efektivitas Inovasi Pelayanan Publik We Are Ready Kentongan Online Berbasis Android Polres Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Syariah Program Studi Hukum Tata Negara.
Text
Nauval amin mahmud_S20163007.pdf Download (4MB) |
Abstract
Nauval Amin Mahmud, 2021: Efektivitas Inovasi Pelayanan Publik We Are Ready Kentongan Online Berbasis Android Polres Jember. Kepolisian memiliki fungsi salah satunya memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, sehingga pelayanan kepolisian harus ditingkatkan agar dapat tercipta kondisi lingkungan yang aman dan kondusif. Selama ini setiap ada tindakan kriminalitas dan gangguan kamtibmas lainnya masyarakat harus melapor secara konvesional dengan mendatangi Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT). Adapun cara lain untuk melaporkan tindak kejahatan adalah dengan pengaduan melalui telepon ke nomor 110. Namun pelayanan pelaporan tersebut masih memiliki kekurangan yang menghambat masyarakat dalam melaporkan adanya gangguan kamtibmas. Padahal gangguan kamtibmas harus segera ditangani agar tercipta kondisi lingkungan yang kondusif. Permasalahan tersebut melahirkan sebuah inovasi yang dibuat oleh Polres Jember yaitu Aplikasi We Are Ready Kentongan Online Berbasis Android. Fokus masalah penelitian ini adalah 1) Apakah we are ready kentongan online berbasis android Polres Jember efektif dalam mempermudah masyarakat? 2) Faktor-faktor apa saja yang mendorong dan menghambat inovasi pelayanan publik we are ready kentongan online berbasis android Polres Jember?. Tujuan penelitian: 1) Untuk mengetahui apakah we are ready kentongan online berbasis android Polres Jember efektif dalam mempermudah masyarakat. 2) Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mendorong dan menghambat inovasi pelayanan publik we are ready kentongan online berbasis android Polres Jember. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan metode deskriptif. Lokasi penelitian adalah di Polres Jember. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara yang kemudian data tersebut dianalisis kemudian diungkapkan dalam bentuk narasi. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan sebagai berikut: 1) we are ready kentongan online berbasis android Polres Jember merupakan pelayanan yang efektif. Hal ini dapat dilihat dari kemudahan dan kecepatan bagi masyarakat dalam mendapatkan pelayanan. Perubahan metode komunikasi manual ke metode komunikasi berbasis teknologi, membuat pelayanan menjadi lebih cepat. 2) faktor yang mendorong dan menghambat. Adapun faktor pendorongnya, yaitu: tersediannya regulasi penerapan e-government, tersediannya semua keperluan, dan aplikasi mudah dioprasikan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: anggaran dana yang besar, sumber daya manusia yang kurang handal dibidang IT, tidak semua masyarakat menggunakan android, dan kurangnya partisipasi masyarakat. Kata Kunci: Efektivitas, Inovasi, Pelayanan Publik dan E-government.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad fredi afan |
Date Deposited: | 25 Apr 2022 03:37 |
Last Modified: | 25 Apr 2022 03:37 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5817 |
Actions (login required)
View Item |