Mundir, Mundir (2014) Belajar dan pembelajaran; Sebuah kajian kritis konseptual. STAIN Jember Press, Jember. ISBN 978-602-0905-46-4
Text
Belajar dan pembelajaran; Sebuah kajian kritis konseptual.pdf - Published Version Download (3MB) |
|
Image
Sertifikat HAKI; Belajar dan pembelajaran.pdf - Supplemental Material Download (769kB) |
Abstract
Pembelajaran (instruction) merupakan bagian dari pendidikan
(education). Pendidikan mengacu pada belajar yang tidak terbatas
pada lembaga sekolah. Pendidikan dapat dilaksanakan di rumah,
masyarakat, dunia kerja, dan lain-lain, sementara pembelajaran
mengacu pada belajar di lembaga sekolah, baik di dalam kelas
maupun di luar kelas. Apabila konsep pembelajaran dan pendidikan ini dikaitkan dengan paradigma, maka lahirlah konsep paradigma pembelajaran sebagai bagian dari paradigma pendidikan.
Terdapat perubahan yang signifikan dalam realitas
pembelajaran sebagai dampak dari pergeseran paradigma pendidikan (pembelajaran) dari sebelum abad XXI menuju paradigma
pendidikan (pembelajaran) setelah abad XXI. Salah satu bentuk
riilnya adalah pergeseran konsep yang digunakan untuk menyebutkan sebuah kegiatan di kelas atau di luar kelas yang dilakukan
seorang pendidik dan peserta didik. Awalnya kegitan tersebut disebut dengan konsep “kegiatan belajar dan mengajar (KBM)”, namun kini konsep yang digunakan adalah “kegiatan pembelajaran”. Konsep yang pertama lebih mengisyaratkan dominasi seorang pendidik yang mengajar dan pasifnya peserta didik yang sedang belajar. Sedangkan konsep yang kedua lebih mengisyaratkan
berkurangnya dominasi pendidik dan dominasi atau keaktifan
peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Pergeseran paradigma
dan konsep itulah yang akan dibahas secara rinci melalui pembahasan
Item Type: | Book |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Belajar; Pembelajaran |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Depositing User: | Haryono Raiman |
Date Deposited: | 26 Dec 2019 03:00 |
Last Modified: | 03 Jan 2020 07:32 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/592 |
Actions (login required)
View Item |