Mundir, Mundir (2013) Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. STAIN Jember Press, Jember. ISBN 978-602-1640-45-6
Text
Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Image
Sertifikat HAKI; Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif.pdf - Supplemental Material Download (768kB) |
Abstract
Buku Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif yang se- dang ada di tangan pembaca ini sengaja ditulis dengan memper- timbangkan aspek praktis di samping aspek teoritis. Sejumlah
handout bahan kuliah yang telah dijadikan dasar dan sumber belajar pada mata kuliah metode penelitian amat mewarnai isi buku
ini. Kondisi tersebut menjadikan buku ini lebih realistis dan mu- dah mengantarkan pembaca ke arah subtansi pemahaman dan
aplikasi penelitian, kualitatif maupun kuantitatif.
Buku ini berbeda dengan buku-buku penelitian yang lain. Mulai dari bab awal hingga bab akhir, sengaja menghadirkan pemba- hasan yang bersifat komparatif dengan membahas subtansi materi
dari aspek kuantitatif dan aspek kualitatif. Dengan demikian, akan
didapatkan kompetensi penelitian yang lebih komprehensif, total,
vi
dan menyeluruh.
Di antara para peneliti, seringkali masih ditemukan perdeba- tan yang semestinya sudah tidak lagi terjadi sebagai dampak dari
kompetensi penelitian yang masih minim atau belum maksimal.
Misalnya, perdebatan yang mempersoalkan posisi penelitian ter- baik antara kuantitatif (qualitative research) dan kualitatif (quan- titative research), antara penelitian lapangan (filed research), penelitian laboratorium (laboratorium research), dan penelitian aksi
(action research). Contoh lain adalah tentang perlu tidaknya hipo- tesis dan sampel dalam sebuah penelitian.
Salah satu dampak yang amat tidak diharapkan dari kondisi
tersebut adalah adanya peneliti kuantitatif yang meragukan atau
bahkan tidak percaya terhadap hasil penelitian kualitatif dan be- gitu pula sebaliknya, peneliti kualitatif terhadap hasil penelitian
kuantitatif. Lebih fatal lagi, apabila masing- masing kubu akhirnya
saling mengklaim bahwa penelitiannya yang paling bagus dan paling tepat, sementara penelitian orang lain perlu dipertanyakan.
Semua itu adalah salah satu dampak dari kondisi kompetensi pe- nelitian yang masih minim.
Item Type: | Book |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Penelitian; Kualitatif; Kuantitatif |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Haryono Raiman |
Date Deposited: | 26 Dec 2019 03:06 |
Last Modified: | 03 Jan 2020 07:33 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/593 |
Actions (login required)
View Item |