Figih Zulfiansyah, - (2021) Pembiasaan Shalat Dhuha dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik di MIN 1 Jember Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
Text
Figih Zulfiansyah_T20154035.pdf Download (4MB) |
Abstract
Figih Zulfiansyah, 2020: Pembiasaan Shalat Dhuha dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik di MIN 1 Jember Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Jember. Kata kunci : pembiasaan shalat dhuha, akhlak Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi dari banyaknya permasalahan yang timbul di lingkungan masyarakat. Salah satunya adalah kurang terbinanya akhlak peserta didik. Maka dari itu memberikan pendidikan shalat pada peserta didik menjadi tugas bagi guru karena sesungguhnya shalat adalah madrasah akhlak dan pelatihan aplikatif yang menanamkan semangat kedisiplinan dalam jiwa. Pendidikan shalat yang di berikan tidak hanya shalat wajib saja akan tetapi perlu juga ditanamkan pembiasaan pada peserta didik untuk melaksanakan shalat sunnah termasuk diantaranya shalat dhuha karena masih banyak peserta didik pada khusunya dan masyarakat pada umumnya yang belum mengerti benar dan mengabaikan shalat sunnah khususnya shalat dhuha. Pokok bahasan yang menjadi fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan pembiasaan shalat dhuha dalam pembinaan akhlak siswa di MIN 1 Jember? (2) Bagaimana dampak pembiasaan shalat dhuha dalam pembinaan akhlak siswa di MIN 1 Jember?. Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembiasaan shalat dhuha dalam pembinaan akhlak siswa di MIN 1 Jember dan mendiskripsikan dampak pembiasaan shalat dhuha dalam pembinaan akhlak peserta didik di MIN 1 Jember. Penelitian yang dilakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau dari lisan orang, dan pengamatan ke tempat lokasi secara langsung, sehingga dalam hal ini berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Setelah mengadakan penelitian dengan beberapa metode diatas memperoleh hasil bahwa, pelaksanaan shalat dhuha di MIN 1 Jember berjalan sebagaimana mestinya. Demikian halnya dengan dampak dari pelaksanaan shalat dhuha terhadap akhlak peserta didik pun juga sudah dirasakan khusunya oleh siswa dan guru. Dari hasil penelitian penulis dapat menyimpulkan bahwa pembiasaan shalat dhuha membawa banyak sekali dampak postif bagi kehidupan sehari-hari untuk peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Ifan Ali Mufti |
Date Deposited: | 27 Apr 2022 23:13 |
Last Modified: | 27 Apr 2022 23:13 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5973 |
Actions (login required)
View Item |