ACH. ZAKARIA RIDLWAN, - (2013) Konsep Kecerdasan Perspektif Ary Ginjaran Agustian. Undergraduate thesis, Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I) Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
ACH. ZAKARIA RIDLWAN_084 061 157.pdf Download (4MB) |
Abstract
Ach. Zakaria Ridlwan, 2013 : Konsep Kecerdasan Perspektif Ary Ginjaran Agustian Konsep kecerdasan adalah merupakan konsep yang membahas tentang kemampuan atau potensi manusia dalam menghadapi berbagi persoalan dalam kehidupan dengan cara memandang sebuah problematika sebagai sebuah sesuatu yang membuat manusia tersebut menjadi mudah dan tertantang untuk menghadapinya, sehingga terciptalah bermacam metode dalam menghadapi problem tersebut seperti halnya metode ESQ Ary Ginanjar Agustian yang telah banyak memberikan kontribusi dalam mendidik emosi, intelegasi dan spiritual yang pada awalnya dipratekkan Ary Ginanjar kepada para karyawan perusahaan, namun seiring waktu metode ESQ inipun di gunakan di dalam ranah yang lebih luas salah satunya pendidikan. Fokus penelitian yang akan diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimanakah Konsep Kecerdasan Perspektif Pemikiran Ary Ginanjar Agustian, dansub Pokok Masalah adalah : 1) Bagaimana Konsep Kecerdasan Perspektif Pemikiran Ary Agustian? 2) Bagaimana Macam – Macam Kecerdasan Perspektif Pemikiran Ary Agustian? 3) Bagaimana Model Pengembangan Kecerdasan Perspektif Pemikiran Ary Agustian? Untuk meraih data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan beberapa metode pendekatan kualitatif – deskriptif. Sedangkan metode pengumpulan datanya meliputi: penelitian kepustakaan dan dokumentasi. Untuk mengidentifikasikan masalah tersebut, penelitian menggunakan mentode analisis data kualitatif, yakni dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hal ini untuk menganalisis Konsep Kecerdasan Perspektif Pemikiran Ary Agustian. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan penelitian kepustakaan. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: Pertama, konsep kecerdasan ESQ adalah sebuah konsep terobosan yang merupakan titik lanjut dari beberapa penelitian praktis yang dilakukan oleh para ilmuan dibidang kecerdasan dan kejiwaan untuk kemudian di manifestasikan dalam dunia pendidikan, karena selama ini mungkin persoalan hidup yang ada hanya bisa kita selesaikan dengan solusi kasat mata tanpa menggali lebih dalam akar persoalan dalam dunia pendidikan yang sudah mengarah kepada moralitas secara umum. Kedua, Macam – Macam kecerdasan dalam lapangan ESQ adalah IQ, EQ, dan SQ, dimana masing – masing komponen itu adalah merupakan reprentasi dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik, namun ESQ ini lebih meleburkannya dengan aspek tauhid sebagai komponen vital dalam pelaksanaanya. Ketiga, Model pengembangan kecerdasan ESQ adalah revitalisasi sebuha model pengembangan yang sebenarnya merupakan model yang diaplikasikan oleh Lukman Hakim (seorang sahabat Nabi Muhammad ternama) dengan menempatkan komponen tauhid sebagai pondasi utama sehingga endingnya adalah segala perbuatan yang kita lakukan adalah ibadah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Ifan Ali Mufti |
Date Deposited: | 27 Apr 2022 23:24 |
Last Modified: | 27 Apr 2022 23:24 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5979 |
Actions (login required)
View Item |