Implementasi Metode Bermain Peran Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTs Mamba’ul Huda Tegalsari Banyuwangi.

NURIL LAILATUL KHAYATI, - (2021) Implementasi Metode Bermain Peran Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTs Mamba’ul Huda Tegalsari Banyuwangi. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
NURIL LAILATUL KHAYATI_T20161209.pdf

Download (6MB)

Abstract

Nuril Lailatul Khayati, 2021: Implementasi Metode Bermain Peran Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTs Mamba’ul Huda Tegalsari Banyuwangi. Kata kunci: Metode Bermain Peran, Sejarah Kebudayaan Islam. Latar belakang masalah dalam penelitian ini, bahwa di MTs Mamba’ul Huda Tegalsari Banyuwangi dalam pembelajaran SKI minat membaca siswa rendah, kurang tepatnya guru dalam memilih dan menggunakan metode pembelajaran, kurangnya respon siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung. Metode bermain peran adalah suatu metode pembelajaran yang melibatkan peserta didik untuk aktif dalam memainkan peranperan tertentu. Sedangkan SKI adalah suatu peristiwa yang benar-benar terjadi di masa lampau yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, adat isti-adat, moral, dan hukum yang terjadi pada masa Islam pada zaman dahulu sampai sekarang. Fokus penelitian ini 1) Bagaimana implementasi metode bermain peran dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Mamba’ul Huda Tegalsari Banyuwangi ? 2) Bagaimana faktor pendukung dan penghamabat penggunaan metode bermain peran dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Mamba’ul Huda Tegalsari Banyuwangi ? Tujuan penelitian ini 1) Mendeskripsikan tentang implementasi metode bermain peran dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Mamba’ul Huda Tegalsari Banyuwangi, 2) Menjelaskan faktor pendukung dan penghambat penggunaan metode bermain peran dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Mamba’ul Huda Tegalsari Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research), teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan untuk analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini 1) Implementasi metode bermain peran dalam pembelajaran SKI di kelas VIII kelompok 5 telah dilaksanakan oleh guru melalui tiga tahap: a) Persiapan (menyusun RPP, menyusun naskah drama, menyiapkan lembar penilaian, menyiapkan materi pembelajaran, menyiapkan penokohan dan menyiapkan sarana untuk bermain peran), b) Pelaksanaan (terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti dan penutup), c) Hasil (terdapat kemajuan belajar SKI siswa dengan nilai terendah 80 dan tertinggi 92, siswa berani mengungkapkan pendapatnya, minat membaca meningkat, respon siswa terhadap materi pembelajaran baik. Sedangkan guru dapat mengelola kelas dengan baik, menjelaskan materi yang sulit difahami dan memberikan umpan balik diakhir pembelajaran.) 2) Faktor pendukung internal: adanya kerja sama yang baik, diri siswa, kinerja guru. Faktor pendukung eksternal: lingkungan kondusif, penggunaan media pembelajaran yang sesuai, sarana prasarana yang memadai. Faktor penghambat internal terletak pada diri siswa, masih ada siswa mengucapkan dialog yang salah, suara siswa kurang jelas saat memainkan peran. Faktor penghambat eksternal waktu yang relatif singkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 27 Apr 2022 23:25
Last Modified: 27 Apr 2022 23:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/5981

Actions (login required)

View Item View Item