Pengaruh metode penemuan terbimbing menggunakan lembar kerja siswa (LKS) berbantuan geogebra terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi sistem koordinat di MTs Daru Mafatihil Ulum Probolinggo

Arifin, Ubaydillah and Farihah, Umi (2019) Pengaruh metode penemuan terbimbing menggunakan lembar kerja siswa (LKS) berbantuan geogebra terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi sistem koordinat di MTs Daru Mafatihil Ulum Probolinggo. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4 (2). pp. 171-178. ISSN 2541-4674

[img] Text
Pengaruh metode penemuan terbimbing menggunakan lembar kerja siswa (LKS) berbantuan geogebra terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi sistem koordinat di MTs Daru Mafatihil Ulum Probolingg.pdf - Published Version

Download (1MB)
Official URL: http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/matemat...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode penemuan terbimbing
menggunakan lembar kerja siswa (LKS) berbantuan geogebra terhadap hasil belajar matematika
siswa kelas VIII pada materi sistem koordinat di MTs Daru Mafatihil Ulum Probolinggo. Metode
penemuan terbimbing adalah suatu metode pembelajaran yang menghendaki siswa menemukan
ide-ide dalam proses penemuan. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental
design dengan rancangan penelitian one group pretest posttest design. Pengambilan sampel
dilakukan dengan cara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes, pretest
untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa sebelum diberikan perlakuan dan posttest untuk
mengetahui hasil belajar matematika siswa sesudah diberikan perlakuan. Analisis data
menggunakan paired sample t-test dengan uji prasyarat, uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada
materi sistem koordinat antara sebelum dan sesudah dibelajarkan dengan metode penemuan
terbimbing menggunakan lembar kerja siswa (LKS) berbantuan geogebra di MTs Daru Mafatihil
Ulum Probolinggo. Sehingga metode penemuan terbimbing menggunakan LKS berbantuan
geogebra dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar
matematika siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Geogebra; Hasil Belajar; Lembar Kerja Siswa (LKS); Metode Penemuan Terbimbing
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010102 Algebraic and Differential Geometry
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0103 Numerical and Computational mathematics > 010302 Numerical Solution of Differential and Integral Equations
Depositing User: Haryono Raiman
Date Deposited: 03 Jan 2020 07:23
Last Modified: 03 Jan 2020 07:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/601

Actions (login required)

View Item View Item