AUVAL WIDAT, - (2021) Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Pada Program Tahfidzul Quran Kelas Excellent Di Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan Balung. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
AUVAL WIDAT_T20171401.pdf Download (6MB) |
Abstract
Auval Widat, 2021: Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Pada Program Tahfidzul Quran Kelas Excellent Di Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan Balung Kata Kunci: Peran Guru, Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik, Program Tahfidzul Quran Kelas Excellent Penelitian ini mengkaji peran guru dalam membentuk karakter disiplin peserta didik pada program tahfidzul quran kelas excellent di Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan Balung. Penelitian tersebut dilatarbelakangi oleh peserta didik yang tidak disiplin, bolos sekolah, tawuran antar sekolah dan masih banyak perilaku negatif lainnya. Sehingga diperlukan usaha atau program untuk mengoptimalkan pendidikan karakter di Madrasah. Melalui program tahfidzul quran kelas excellent dapat membekali murid bisa membaca dan menghafal AlQuran. Fokus penelitian ini adalah: (1) peran guru dalam membentuk karakter disiplin peserta didik pada program tahfidzul quran kelas excellent di Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan Balung. (2) peran guru dalam mengevaluasi karakter disiplin peserta didik pada program tahfidzul quran kelas excellent di Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan Balung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deksriptif. Penentuan sumber data atau subjek penelitian dilakukan dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dipakai meliputi: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) peran guru dalam membentuk karakter disiplin peserta didik pada program tahfidzul quran kelas excellent di Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan Balung adalah peran guru sebagai model dan teladan, hal ini dibuktikan dengan guru datang tepat waktu ke sekolah, peran guru sebagai motivasi dengan indikator, hal ini dibuktikan dengan guru memberikan tropi kepada siswa yang hafal 2 Juz Al-Quran, dan guru sebagai mediator dan fasilitator, hal ini dibuktikan dengan guru mendisiplinkan murid membawa quran secara pribadi, setoran hafalan, (2) peran guru dalam mengevaluasi karakter disiplin peserta didik pada program tahfidzul quran kelas excellent di Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan Balung antara lain evaluasi proses dengan indikator khotmil quran (hataman quran), murojaah (menggulangulang hafalan Al-Quran), simaan (memperdengarkan bacaan AlQuran), evaluasi hasil dengan indikator antara lain ujian dan tes tahfidzul quran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Ifan Ali Mufti |
Date Deposited: | 28 Apr 2022 04:19 |
Last Modified: | 28 Apr 2022 04:19 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6056 |
Actions (login required)
View Item |