“Penerapan Pendekatan Open-Ended Learning Pada Pembelajaran Tematik Di Madrasah Ibtidaiyah Sabielil Muttaqien Tahun Pelajaran 2020-2021”

NOER MAULIDATUL LEILY, - (2021) “Penerapan Pendekatan Open-Ended Learning Pada Pembelajaran Tematik Di Madrasah Ibtidaiyah Sabielil Muttaqien Tahun Pelajaran 2020-2021”. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iah.

[img] Text
NOER MAULIDATUL LEILY_T20174006.pdf

Download (9MB)

Abstract

Noer Maulidatul Leily, 2021: “Penerapan Pendekatan Open-Ended Learning Pada Pembelajaran Tematik Di Madrasah Ibtidaiyah Sabielil Muttaqien Tahun Pelajaran 2020-2021” Pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik dengan pendidik. Untuk menjadikan pembelajaran menjadi lebih efektif, maka seorang guru harus menggunakan pendekatan pembelajaran yang dapat mempermudah peserta didik memahami materi yang dibahas. Pendekatan Open-Ended Learning merupakan pendekatan pembelajaran yang dapat melatih peserta didik untuk memecahkan suatu masalah dengan berfikir kritis dan mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi secara mandiri sesuai kemampuan mereka. Open-Ended Learning mampu melatih peserta didik untuk memecahkan suatu masalah dengan menghubungkan teori-teori yang diketahuinya. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Persiapan Pendekatan OpenEnded Learning Pada Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Sabileil Muttaqien Tahun Pelajaran 2020-2021? 2) Bagaimana Pelaksanaan Pendekatan Open-Ended Learning Pada Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Sabielil Muttaqien Tahun Pelajaran 2020-2021? Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan Persiapan Pendekatan Open-Ended Learning Pada Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Sabielil Muttaqien Tahun Pelajaran 2020-2021. 2) Mendeskripsikan Pelaksanaan Pendekatan Open-Ended Learning Pada Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Sabielil Muttaqien Tahun Pelajaran 2020-2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian adalah studi kasus. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Adapun tehnik pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan observasi Non-Partisipan, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model analisis data interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Persiapan Pendekatan OpenEnded Learning Pada Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Sabilil Muttaqin adalah guru menyusun sebuah perangkat pembelajaran yang berupa Silabus dan dijabarkan dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan mencantumkan pertanyaan Open-Ended dalam isian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). 2) Pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan OpenEnded Learning berjalan dengan efektif dan peserta didik semangat mengikuti proses pembelajaran. Kegiatan pembelajaran terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan akhir atau penutup dan kegiatan evaluasi. Untuk kegiatan inti berisi tentang penyampaian materi dengan enam tahap kegiatan yang dilakukan oleh guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 28 Apr 2022 07:44
Last Modified: 28 Apr 2022 07:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6087

Actions (login required)

View Item View Item