SITI FATIMATUS ZAHRA, - (2020) Penerapan Kegiatan Meronce dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Pada Kelompok B di Raudhatul Athfal AlKhoirat Kawangrejo Mumbulsari Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini.
Text
SITI FATIMATUS ZAHRA_T20165070.pdf Download (6MB) |
Abstract
Siti Fatimatus Zahra, 2020: Penerapan Kegiatan Meronce dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Pada Kelompok B di Raudhatul Athfal AlKhoirat Kawangrejo Mumbulsari Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 Anak usia dini merupakan usia yang sangat menentukan dalam membentuk karakter dan kepribadiannya. Pada masa ini sering disebut dengan masa “Golden Age” dimana anak sangat peka mendapat rangsangan, baik yang berkaitan dengan aspek fisik motorik, intelektual, sosial, emosi maupun bahasa. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan kegiatan meronce dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak Pada Kelompok B Di Raudhatul Athfal Al-Khoirat Kawangrejo Mumbulsari Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? (2) Bagaimana pelaksanaan kegiatan meronce dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak Pada Kelompok B Di Raudhatul Athfal AlKhoirat Kawangrejo Mumbulsari Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? Dan (3) Bagaimana evaluasi kegiatan meronce dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak Pada Kelompok B Di Raudhatul Athfal Al-Khoirat Kawangrejo Mumbulsari Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitian ini adalah: Mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan meronce dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak Pada Kelompok B Di Raudhatul Athfal Al-Khoirat Kawangrejo Mumbulsari Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun penentuan subjek penelitiannya menggunakan teknik purposive, dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif dengan menggunakan analisis model Miles dan Huberman yaitu kondensasi data, penyajian dan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian dapat disimpulkan (1)perencanaan kegiatan meronce dilaksanakan (a) menyediakan alat dan bahan (b) pemilihan tema dan sub (c) media yang digunakan aman dan mudah untuk anak (2)pelaksanaan penerapan kegiatan meronce dilaksanakan (a)menentukan kelompok 3-4 anak (b)menentukan aturan main (c)guru menjelaskan cara meronce (d)melibatkan semua anak (e)metode yang digunakan saat kegiatan adalah bermain sambil belajar, tanya jawab dan penugasan pada anak (3)evaluasi penerapan kegiatan meronce dilaksanakan (a)mengamati peserta didik (b)guru menyiapkan catatan kecil (c)mengumpulkan hasil karya anak (d)mendokumentasikan kegiatan (e)guru dan kepala sekolah mendiskusikan hasil perkembangan anak (f)anak yang sudah berkembang, akan berlatih kegiatan motorik halus selanjutnya (g)bagi anak yang belum berkembang, akan diberikan kegiatan meronce secara terpisah (h) guru bekerja sama dengan orang tua.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad iqbal abdilah |
Date Deposited: | 28 Apr 2022 07:45 |
Last Modified: | 28 Apr 2022 07:45 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6099 |
Actions (login required)
View Item |