Ayu Try Damayanti, - (2021) Pengembangan Media Permainan Monopoli Pembelajaran IPA Materi Cahaya Dan Alat Optik Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Bondowoso. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam.
Text
Ayu Try Damayanti_T201710006.pdf Download (12MB) |
Abstract
Ayu Try Damayanti, 2020: PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI PEMBELAJARAN IPA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK PADA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) 2 BONDOWOSO Kata Kunci: Media pembelajaran, Monopoli, Cahaya dan Alat Optik Monopoli IPA materi Cahaya dan Alat Optik (disingkat Monoicado) adalah media pembelajaran yang berbentuk permainan monopoli yang dijalankan dengan prinsip belajar sambil bermain (educational game). Pengembangan media ini didasarkan kebutuhan untuk mengurangi kesukaran dalam memahami materi, membangkitkan keaktifan siswa, dan memberikan suasana yang menyenangkan dalam pembelajaran IPA materi Cahaya dan Alat Optik. Tujuan pengembangan yang ingin dicapai oleh peneliti yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan validitas media permainan monopoli pembelajaran IPA materi Cahaya dan Alat Optik yang dikembangkan oleh peneliti. 2) Untuk mendeskripsikan respons siswa terhadap pengembangan media permainan monopoli pembelajaran IPA materi Cahaya dan Alat Optik yang dikembangkan oleh peneliti. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Langkah-langkah/ tahapan pada penelitian pengembangan 4D yang dikembangkan terdiri dari empat tahapan yaitu: define, design, develop, dan disseminate di mana tahap disseminate tidak dilakukan karena keterbatasan biaya dan waktu. Subjek penelitian melibatkan 2 ahli materi, 2 ahli media, 2 guru sebagai pengguna, dan 33 siswa dari MTsN 2 Bondowoso. Wujud Media permainan monopoli berikut dengan cara penggunaannya telah dideskripsikan di dalam penelitian ini. Pada media Monoicado ini, aspek materi dinilai sangat valid (92%), aspek media dinilai sangat valid (91,87%), dan aspek kepraktisan guru dinilai sangat valid (93,84%). Siswa merespons bahwa media ini sangat menarik (85,62%) dan dapat melatih daya ingat terhadap pembelajaran IPA materi Cahaya dan Alat Optik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | m muhammad fadil |
Date Deposited: | 28 Apr 2022 07:44 |
Last Modified: | 28 Apr 2022 07:44 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6216 |
Actions (login required)
View Item |