Komunikasi Antarpersonal Pengurus KBIH Al Qodiri Jember dalam Meningkatkan Pelayanan Terhadap Jemaah Haji

IENDANA KHOERUNNISSA', - (2021) Komunikasi Antarpersonal Pengurus KBIH Al Qodiri Jember dalam Meningkatkan Pelayanan Terhadap Jemaah Haji. Undergraduate thesis, Fakultas Dakwah Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam.

[img] Text
IENDANA KHOERUNNISSA'_D20171076.pdf

Download (14MB)

Abstract

: Komunikasi Antarpersonal Pengurus KBIH Al Qodiri Jember dalam Meningkatkan Pelayanan Terhadap Jemaah Haji Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini di antaranya Jemaah yang kesulitan dalam pembuatan paspor, rendahnya pengetahuan Jemaah, adanya hambatan teknik , hambatan psikologis, hambatan semantik dan Jemaah kesulitan dalam melunasi porsi haji. Fokus penelitian yang diteliti dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana cara pengurus KBIH Al Qodiri Jember melakukan proses Komunikasi Antarpersonal? 2)Bagaimana bentuk reaksi dari Jemaah KBIH Al Qodiri Jember ketika dilayani oleh pengurus? Tujuan dari penelitian yang diteliti peneliti in yaitu 1) Mendeskripsikan tentang cara pengurus KBIH Al Qodiri Jember melakukan proses Komunikasi Antarpersonal. 2) Mendeskripsikan bentuk reaksi dari Jemaah KBIH Al Qodiri Jember ketika dilayani oleh pengurus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan penelitian lapangan atau field search. Dengan mengunakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan juga penelitian menggunakan triangulasi data dan sumber dalam uji keabsahan data yang diperoleh. Dari hasil penelitian yang ditemukan bahwa komunikasi Antarpersonal antara Pengurus dengan Jemaah di mulai dari proses berjabatan tangan, menanyakan kabar, memberikan minuman dan menanyakan apa yang bisa dibantu, sampai memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi oleh jemaah. Pola komunikasi antara Pengurus dengan Jemaah menggunakan pola Komunikasi Sirkular. Pengurus berusaha memberikan pelayanan yang terbaik agar Jemaah merasa senang dan merasa terpenuhi kebutuhannya. Cara komunikasi antarpersonal yang dilakukan oleh pengurus kepada jemaah haji adalah dengan menggunakan bahasa yang sopan serta mudah dimengerti oleh jemaah. Bentuk reaksi dari jemaah beberapa dari mereka memberikan reaksi yang sama. Mereka merasa senang dan puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh pengurus KBIH Al Qodiri Jember. Bentuk dari rasa senang dan puasnya adalah mereka mengajak sanak saudara dan tetangga yang akan menunaikan ibadah haji dan umroh melalui KBIH Al Qodiri Jember. Maka ketika Jemaah merasa senang dan puas terhadap pelayanan yang diberikan kepada Jemaah, Jemaah akan suka rela mengajak atau beriklan dengan gratis dan ini adalah salah satu keuntungan dari kepuasan atas kinerja pengurus KBIH Al Qodiri Jember. Kata Kunci : Komunikasi Antarpersonal, Pelayanan, Jemaah Haji.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 17 May 2022 07:18
Last Modified: 17 May 2022 07:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6390

Actions (login required)

View Item View Item